25 radar bogor

Libur Nataru, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Dibuka Gratis

Tol Bocimi
Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Bocimi. Saat libur Nataru 2023 Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak dibuka gratis. Hendi/Radar Bogor

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sejumlah ruas jalan tol baru akan dibuka secara fungsional saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Salah satunya, Tol Bocimi (Ciawi-Sukabumi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km.

Baca Juga : Truk Pengangkut Tabung Oksigen Tabrak Pembatas Jalan Tol BORR

Dengan diberlakukan fungsional, maka pengendara bisa melewati ruas jalan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak secara gratis.

Informasi dari Kementerian PUPR, ada delapan ruas jalan tol yang dibuka secara fungsional untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

“Fungsional memang tidak berbayar, meskipun di beberapa ruas jalan tol baru harus tetap melakukan tapping e-money,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit.

Selain itu, ada juga ruas jalan tol yang siap beroperasi. Di antaranya, Tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km, kemudian Tol Cisumdawu seksi 2 Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km. Namun, belum diketahui apakah dua ruas tol itu digratiskan juga saat Nataru atau tidak.

Nanti akan disosialisasikan BUJT-nya jika akan bertarif. (Kapan diresmikan) menunggu arahan Presiden,” tutur Danang. (net/dtk)

Delapan Jalan Tol yang Diberlakukan Fungsional Alias Gratis Saat Nataru :

  1. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,88 km
  2. Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km
  3. Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km.
  4. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km
  5. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom tahap 1 sepanjang 7,45 km
  6. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A ruas Kukusan-Krukut sepanjang 3 km
  7. Tol Bocimi (Ciawi-Sukabumi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km
  8. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km.

Editor : Yosep