25 radar bogor

Giroud Ukir Gol, Prancis Kalahkan Inggris, Hadapi Maroko di Semifinal

Penyerang veteran Olivier Giroud kembali mengukir gol di Piala Dunia 2022, yang menjadi penentu kemenangan 2-1 atas Inggris. (Twitter)

BOGOR-RADAR BOGOR, Penyerang veteran Olivier Giroud mengukir gol ke gawang Inggris di laga perempat final, Minggu (11/12) dini hari. Striker AC Milan itu menjadi penentu kemenangan 2-1 Les Bleus atas Inggris.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Al Bayt, Prancis unggul terlebih dahulu saat pertandingan berumur 17 menit. Aurelien Tchouameni mengoyak jala gawang Jordan Pickford lewat tendangan kaki kanan memanfaatkan umpan dari Antoine Griezmann.

Baca Juga: Pelatih Maroko: Ke Semifinal Bukan Keajaiban, Kami Adalah Rocky Balboa

Usai tersentak gol Tchouameni, pasukan Tiga Singa mengintensifkan serangan. Bahkan, tim asuhan Gareth Southgate itu mampu mendominasi permainan. Namun, hingga babak pertama berakhir, Inggris belum mampu menjebol gawang Hugo Lloris.

Memasuki babak kedua, Inggris langsung menggebrak. Pada akhirnya, The Three Lions mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti yang dilakukan Harry Kane pada menit 54.

Penalti diberikan setelah Bukayo Saka yang melakukan penetrasi di area terlarang Prancis dijatuhkan oleh Tchouameni. Wasit Wilton Sampaio dari Brasil langsung menunjuk titik putih atau penalti untuk Inggris.

Les Bleus berusaha mendapatkan gol lagi usai skor imbang 1-1. Upaya mereka membuahkan hasil lewat Giroud pada menit 78. Giroud merobek jala gawang Pickford dengan sundulan memanfaatkan umpan Griezmann.

Ini menjadi gol keempat Giroud di Piala Dunia 2022 dan hanya tertinggal 1 gol dari kompatriotnya, Kylian Mbappe. Giroud kini juga menegaskan sebagai penyerang tersubur Timnas Prancis dengan 53 gol.

Inggris memiliki kesempatan besar menyamakan kedudukan saat wasit memberikan penalti kedua kalinya. Usai mengecek VAR, Sampaio menunjuk titik putih dan memberikan penalti bagi Inggris atas pelanggaran Theo Hernandez terhadap Mason Mount di area terlarang. Hanya saja, tendangan penalti Kane pada menit 84 gagal setelah melayang di atas mistar gawang Lloris.

Baca Juga: Sejarah Besar Maroko, Sejarah Buruk Spanyol di Piala Dunia

Hingga laga berakhir keunggulan 2-1 Prancis atas Inggris tak berubah. Les Bleus melaju ke semifinal dan bakal menghadapi Maroko sang pembunuh raksasa.

Bagi Prancis, Maroko bukan lawan asing. Meski bakal menjadi pertemuan pertama di pentas Piala Dunia, kedua tim sudah sering bertemu di laga persahabatan. Dari 5 perjumpaan, Prancis mendominasi dengan meraih 3 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan. (jawapos)

Editor: Imam Rahmanto