25 radar bogor

Pelatihan Kompetensi untuk Disabilitas, Komitmen Disnaker Penuhi HAM

Penyandang disabilitas mendapatkan bantuan kursi roda dari Pemkot Bogor, baru-baru ini. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bogor ketat mengawal pemenuhan Hak Asasi Manusia khususnya berkaitan dengan pekerjaan.

Baca Juga: Komisi IV Dorong Disnaker Beri Pelatihan Khusus Disabilitas 

Hal itu salah satunya diwujudkan dengan penerapan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas yakni menjamin proses rekrutmen, penerimaan, pelatihan kerja, penempatan kerja, keberlanjutan kerja, dan pengembangan karir yang adil dan tanpa diskriminasi kepada penyandang disabilitas.

Kepala Disnaker Kota Bogor, Elia Buntang mengatakan pihaknya memastikan peraturan tersebut berjalan dengan semestinya.

Salah satunya yakni menjamin perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja

“Bukan hanya sekedar mereka mendapat kerja namun juga harkat setelah bekerja. Namun ini juga dilakukan dengan tetap mempertimbangkan skill masing-masing individu,” ucapnya kepada Radar Bogor, Jumat (9/12).

Oleh karena itu, pihaknya juga menggelar pelatihan-pelatihan untuk membantu penyandang disabilitas.

Baca Juga: Kursi Roda jadi Kado Sweet Seventeen bagi Penyandang Disabilitas Ini

“Kami berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk data terkait penyandang disabilitas di kota ini, selanjutnya ada pemetaan agar pelatihan yang diberikan sesuai,” tandasnya.

“Tahun depan saya minta ada pelatihan kompetensi kemudian industri yang serius juga bisa menggelar pelatihan dan kita salurkan ke sana,” sambung Elia. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto