25 radar bogor

Hazard Pensiun, Pertanda Garis Finis Generasi Emas Belgia

eden hazard umumkan pensiun

JAKARTA RADAR BOGOR, Piala Dunia 2022 menjadi garis finis generasi emas Belgia. Kemarin (7/12) Eden Hazard resmi pensiun dari level internasional dan mungkin bakal diikuti rekan-rekan seangkatan. Sebelumnya, Belgia yang kandas di fase grup di Qatar lebih dulu ditinggal sang pelatih Roberto Martinez.

Baca Juga : Real Madrid Kalah, Eden Hazard Kembali Cedera

“Salah satu halaman (karier, Red) ditutup hari ini. Terima kasih atas cinta dan dukungan tanpa syarat dari semuanya. Terima kasih juga atas kebahagiaan sejak 2008,” kata pemain Real Madrid berusia 31 tahun itu di akun media sosialnya seperti dikutip AFP.

Menurut gelandang yang meroket bersama Chelsea tersebut, generasi penerus Setan Merah –julukan tim nasional (timnas) Belgia– telah siap. ’’Aku akan merindukanmu (timnas Belgia, Red)’’ tulisnya.

Selama 14 tahun bersama De Rode Duivels, Si Ular –julukan Hazard– membukukan 126 caps dan mencetak 33 gol serta 36 umpan gol. Tetapi, dia gagal mempersembahkan trofi. Padahal, Hazard didampingi pemain-pemain yang memang layak disebut generasi emas Belgia. Sebut saja Kevin De Bruyne, Thibaut Courtois, Axel Witsel, Thomas Meunier, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Dries Mertens, dan Romelu Lukaku.

Prestasi terbaik mereka ’’hanya’’ peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Bulan lalu, Hazard mengatakan bahwa Piala Dunia yang digelar di Rusia itu merupakan puncak performa dari Belgia dan generasinya. Seharusnya mereka bisa juara di sana. Kala itu, Belgia dihentikan Prancis di semifinal. Prancis pula yang kemudian juara setelah menundukkan Kroasia.

Performa Hazard juga anjlok sejak meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Real Madrid. Dia lebih sering berkutat dengan cedera dan hanya tampil dalam 72 laga dengan kontribusi 7 gol dan 11 umpan gol. Padahal, selama berkostum The Blues, Hazard menyumbang 110 gol dan 92 umpan gol dari 352 laga.

Langkah Hazard sangat mungkin diikuti oleh gerbong pemain senior lain. Nama-nama seperti Vertonghen yang sudah berusia 35 tahun, Mertens, 35; Alderweireld, 33; dan Witsel, 33; diyakini juga tidak akan melanjutkan kiprah mereka di Euro 2024.

Baca Juga : Cetak Gol Pertama, Ini Kata Eden Hazard

Bahkan, bukan tidak mungkin KDB –julukan De Bruyne– juga melakukan hal serupa meski usianya sama dengan Hazard. Apalagi, dia juga terlibat perselisihan dengan Vertonghen di fase grup Piala Dunia pekan lalu.

’’Kau legenda,’’ ujar striker Belgia Michy Batshuayi mengomentari pensiunnya Hazard seperti dilansir Marca. (jpg)

Editor : Yosep / Sulis-PKL