25 radar bogor

Viral Jembatan Cikereteg Bocimi Ambruk, Ini Faktanya

Kondisi terkini Jembatan Cikereteg, Jalur Bocimi, Rabu (7/12). Sempat beredar foto yang menunjukkan sebagian sisi jalan ambruk. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar).

CIAWI-RADAR BOGOR, Jagat maya dihebohkan dengan kabar bahwa Jembatan Cikereteg, Ciawi ambruk. Kondisi Jalan Raya Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) itu terlihat bertambah rusak.

Baca Juga: Jalan Bocimi yang Amblas Bakal Diperbaiki Pemerintah Pusat

Informasi itu berupa foto kondisi Jembatan Cikereteg dengan narasi roboh. Dalam foto menunjukkan beton dan pinggiran jalan tergerus dan ambruk.

Radar Bogor pun langsung melakukan verifikasi kabar tersebut. Faktanya, jembatan Cikereteg, Jalan Raya Bocimi ambruk adalah hoaks.

Pantauan Radar Bogor, pukul 15.30 WIB Jembatan Cikereteg yang berada di Jalan Raya Bocimi itu tidak ambruk atau longsor. Saat ini kondisi jalan yang miring dan retak itu dipasang terpal dan seng.

“Jadi kalau ambruk itu hoaks ya. Saat ini di lokasi jembatan dipasang terpal juga dipasang seng pembatas jalan,” kata Danpos Koramil Ciawi, Peltu Edi Rasbani saat ditemui Radar Bogor di areal dekat Jembatan Cikereteg, Rabu (7/12).

Edi pun meminta agar masyarakat tidak mudah termakan hoaks. Informasi yang didapatkan harus dipastikan dahulu kebenaranya sebelum di-share.

“Tadi juga saya banyak yang nanya. Saya jelasnya itu hoaks. Saya minta masyarakat untuk tidak share kabar sebelum dipastikan kebenarannya,” pintanya.

Baca Juga: Ngeri, Begini Penampakan Udara Jembatan Cikereteg Akses Bocimi yang Longsor

Hal senada dikatakan Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat. Ia menegaskan bahwa kabar Jembatan Cikereteg yang longsor dan ambruk itu hoaks.

“Tidak benar kalau jembatan itu ambruk,” tegasnya kepada Radar Bogor, Rabu (7/12). (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto