25 radar bogor

Kursi Roda jadi Kado Sweet Seventeen bagi Penyandang Disabilitas Ini

Rohadi bersama anaknya yang menyandang disabilitas akhirnya mendapatkan bantuan kursi roda dari Dinsos Kota Bogor, Rabu (7/12). (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Bahagia tak terhingga dirasakan Rohandi (48) warga RT 02 RW 13 Sukadamai, Tanah Sareal. Sebuah kursi roda menjadi kado indah untuk anaknya yang berulang tahun ke-17.

Di tahun 2005 lalu Rohadi mendapat tanggung jawab besar. Ia diamanatkan oleh sang Maha Kuasa untuk menjadi orang tua dari anak berkebutuhan khusus. Anak bungsunya, Muhammad Arif lahir dalam keadaan tidak bisa berjalan dan berbicara.

Baca Juga: Peringatan Hari Disabilitas Internasional Awali Pekan HAM Kota Bogor

Meski begitu, ia menerimanya dengan ikhlas. Rohadi bersama istri merawat dan mendidiknya sepenuh hati. Tak ada kata lelah dari mulutnya. Rohadi setia mendampingi sang anak melakukan setiap aktivitas sehari-hari.

Rohadi dan istrinya bergantian menggendong Arif untuk berpindah-pindah tempat. Sejak bangun tidur, mandi, makan, sampai tidur lagi. Terus begitu selama belasan tahun.

Sempat terpikir olehnya untuk memiliki kursi roda. Rohadi sempat mengunjungi beberapa toko kursi roda sepulangnya bekerja. Ia juga mencari tahu lewat toko online di beberapa e-commerce. Ternyata harga yang ditawarkan terlampau tinggi dibanding penghasilannya yang tak seberapa.

“Harganya mahal sekali sekira Rp2,7 jutaan dan mungkin belum ada rezekinya. Penghasilan saya tidak menentu, kalau ada kerjaan baru kerja kalau tidak ada mesti sabar tidak ada pemasukan,” ucap pria yang bekerja sebagai buruh harian lepas itu.

Usahanya tidak berhenti di situ. Rohadi mencoba mencari informasi terkait bantuan kursi roda. Ia mendatangi dinas-dinas sosial Kota dan Kabupaten Bogor. Beberapa permintaan bantuan pernah diajukannya. “Pengajuan sudah dari lama, sejak 2014,” jelasnya.

Beruntung, ikhtiar yang terus dilakukannya berujung manis. Rohadi masuk dalam 81 nama penerima manfaat bantuan kursi roda yang diberikan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor.

Satu unit kursi roda berwarna hitam lengkap dengan rem di stangnya ia terima dalam agenda Pekan Hak Asasi Manusia yang tengah digelar Pemerintah Kota Bogor akhir-akhir ini.

Baca Juga: Pekan HAM Digelar di Kota Bogor, Ini Rangkaian Kegiatannya

“Alhamdulillah senang sekali sudah terwujud. Apalagi ini berdekatan dengan hari ulang tahun anak saya yang ke-17 tahun di 10 Desember nanti. Seperti jadi kado spesial buat dia,” lirihnya sembari menitikan air mata.

Kursi roda yang didambakan sejak lama itu tentu akan meringankannya dalam merawat Arif. “Untuk angkat atau berpindah tempat bakal jauh lebih mudah dan ringan. Saya bersyukur dan berterima kasih sekali pada semuanya dengan adanya ini,” tuturnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto