25 radar bogor

Plaza dan Pasar Bogor Bakal Dibongkar, Pedagang Dipindahkan ke Sini

plaza bogor
Pasar Bogor yang menyatu dengan Plaza Bogor bakal dibongkar tahun ini. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Rencana Pemerintah Kota Bogor menyatukan Plaza Bogor dan Pasar Bogor menjadi gedung parkir dan fasilitas lainnya kian mantap. Proyek ini akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Kebut Pembangunan Gedung Parkir, Plaza Bogor Dikosongkan Bulan Depan

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Muzakkir Abdullah menjelaskan, pihaknya akan berfokus terlebih dahulu pada pembangunan Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari. Itu untuk menampung pada pedagang dari Pasar Bogor.

“Pembangunan kedua pasar ini masih proses, semoga minggu depan sudah dapat pemenang. Para pedagang pangan akan kita pindahkan ke Jambu Dua,” terangnya dikonfirmasi Radar Bogor, Selasa (6/12).

“Sedangkan, Pasar Sukasari untuk menampung pedagang pakaian atau aksesoris yang ada di Pasar Bogor. Di sana nantinya akan ditempati gabungan pedagang Pasar Bogor dan eksisting,” sambungnya.

Pemindahan akan dilakukan setelah pembangunan Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari rampung. Ia menargetkan, kedua pasar ini selesai pada Oktober 2023 mendatang.

Muzakkir juga mengakui belum melakukan sosialisasi kepada para pedagang di Pasar Bogor. Hal itu akan dilakukannya setelah pembangunan Pasar Jambu Dua dan Sukasari dimulai.

“Kita lakukan bertahap. Disiapkan dulu tempatnya setelah sudah mulai tiang pancang baru kita turun ke lapangan,” terangnya.

Baca Juga: Gedung Plaza Bogor Dibongkar Akhir Tahun, Pedagang Ngadu ke Dewan

Untuk Plaza Bogor, para pedagang akan dipindahkan ke Pasar Kebon Kembang. Tepatnya di Blok F dan Blok AB. Lebih dari 320 pedagang akan dipindahkan ke kios-kios yang ada di sana.

“Kios yang tersedia sangat cukup, malah kapasitasnya dua kali lipat,” tandasnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto