25 radar bogor

Neymar Starter, Brasil Mengamuk, Gilas Korsel, Lolos ke Perempat Final

kemenangan brazil
Neymar cs mengamuk di babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menggilas Korsel 4-1, Selasa (6/12) dini hari WIB

QATAR-RADAR BOGOR Neymar yang diragukan tampil menghadapi Korea Selatan, Selasa (6/12) dini hari WIB, dimainkan sebagai starter oleh Tite. Kehadiran Neymar menjadi motivasi tersendiri bagi Tim Samba – julukan Timnas Brasil. Neymar menjadi instrumen permainan dalam kemenangan telak 4-0 atas Korsel. Bahkan, Neymar turut mencetak 1 gol lewat titik putih.

Dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Selasa (6/12) dini hari WIB, Brasil mengamuk. Empat gol digelontorkan ke gawang Korsel yang dijaga Seung-gyu Kim dan semua tercipta di babak pertama.

Kemenangan besar itu sekaligus menghentikan paket kejutan Korsel di Piala Dunia 2022. Seperti diketahui, Korsel lolos ke babak 16 besar dengan salah satunya mengalahkan Portugal 2-1 di fase grup. Selain itu, Korsel juga menahan imbang tim kuat Uruguay.

Kegagalan Korsel membuat wakil Asia tak bisa berbuat banyak di babak 16 besar. Sebelumnya Australia dikalahkan Argentina, Jepang harus mengakui keunggulan Kroasia lewat drama adu penalti, dan kini Korsel digilas Brasil.

Baca Juga:Kalahkan Spanyol, Jepang Bikin Jerman Terusir dari Piala Dunia 2022

Babak pertama baru berusia 7 menit, Vinicius Junior sudah menjebol gawang Korsel usai menerima umpan tarik dari Rapinha. Bahkan, 6 menit berselang Tim Samba menggandakan keunggulan menjadi 2-0, tepatnya menit 13. Gol dicetak Neymar dari tendangan penalti setelah Richarlison dilanggar di area terlarang.

Pada menit 29, Richarlison akhirnya mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Brasil unggul 3-0. Kerja sama Marquinhos dan Thiago Silva diakhiri dengan umpan terobosan kepada Richarlison. Dengan ketenangannya, penyerang Tottenham Hotspur itu menjebol gawang Korsel.

Kembali 7 menit berselang, Brasil menjauh dengan mencetak gol keempat. Adalah Lucas Paqueta yang membawa Tim Samba unggul 4-0 pada menit 36. Paqueta mencetak gol usai memanfaatkan umpan tarik dari Vinicius Junior. Skor 4-0 bertahan hingga laga babak pertama berakhir.

Baca Juga:Korea Selatan VS Brazil : Tidak Dibumbui Dengan Tukar Jersey

Memasuki babak kedua, Brasil mencoba untuk menambah keunggulan. Namun, semua upaya gagal membuahkan hasil lantaran Korsel bermain dengan merapatkan barisan pertahanan. Sejumlah peluang Tim Samba di babak kedua mentah di area pertahanan Korsel dan kiper Seung-gyu Kim juga tampil baik.

Justru Korsel yang mampu mengoyak jala kiper Alisson pada menit 76. Pemain pengganti Seung-ho Paik membuah gol hiburan bagi Korsel dalam pertandingan tersebut. Hingga laga berakhir, skor 4-1 untuk keunggulan Tim Samba tak berubah.

Kejutan Korsel mampu diredam Tim Samba. Brasil melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 dan menghadapi Kroasia yang pada saat bersamaan menyingkirkan Jepang.

Baca Juga:Jadi Juara Grup, Jepang Catat Sejarah Unik

Brasil 4-1 Korsel
(Vinicius Junior 7, Neymar 13-p, Richarlison 29, Lucas Paqueta 36 – Seung-ho Paik 76)

Susunan pemain:
Brasil: Alisson (Weverton 80; Danilo (Bremer), Marquinhos, Thiago Silva, Eder Militao (Dani Alves 63); Casemiro, Lucas Paqueta; Raphinha, Neymar (Rodrygo 81), Vinicius Junior (Martinelli 72); Richarlison
Pelatih: Tite

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu; Kim Moon-hwan, Min-jae Kim, Kim Young-gwon, Jin-su Kim (Chul Hong 46); Hwang In-beom (Seung-ho Paik 65), Jung Woo-young (Jun-ho Son 46), Jae-sung Lee (Kang-in Lee 74); Hwang Hee-chan, Cho Gue-sung (Hwang Ui-jo (80), Son Heung-min
Pelatih: Paulo Bento (JPG)

Editor:yosep/adli-pkl