25 radar bogor

Kebut Pembangunan Gedung Parkir, Plaza Bogor Dikosongkan Bulan Depan

Yogya Bogor Suryakencana
Yogya Bogor Suryakencana di Plaza Bogor resmi berhenti beroperasi hari ini Senin (331/10/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Plaza Bogor bakal mulai digarap untuk menjadi salah satu alternatif peparkiran di kawasan Suryakencana, Kota Bogor. Pengosongan tenant hingga pedagang di dalamnya ditargetkan rampung pada Januari 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Muzakkir Abdullah. Ia menerangkan, pembangunan Plaza Bogor hingga Pasar Bogor berlangsung secara bertahap.

Baca Juga: Gedung Plaza Bogor Dibongkar Akhir Tahun, Pedagang Ngadu ke Dewan

Sebelum dibongkar dan dibangun, Plaza Bogor akan mulai dikosongkan terlebih dahulu. Pengosongan ditargetkan selesai pada Januari 2023.

Setelah itu, Plaza Bogor akan dibongkar pada Februari dan mulai dibangun pada Maret berikutnya.

Lantas, bagaimana nasib para pedagang atau tenant yang masih berjualan di dalamnya?

Muzakkir mengaku sudah mengajak para pedagang untuk melihat lokasi pemindahan, mengirim surat edaran, dan sosialisasi pada kelompok-kelompok pedagang.

Ke depan, ia berjanji akan mengeluarkan surat edaran yang detail dan melakukan sosialisasi lebih masif. Meskipun menurutnya para pedagang sudah mengetahui informasi itu secara umum.

“Mereka juga sudah tahu bahwa mulai akhir tahun akan ada rekayasa lalu lintas akibat pembangunan Jembatan Otista. Pasar itu kemungkinan akan sepi karena aksesnya akan ditutup,” tandasnya kepada Radar Bogor, Selasa (6/12).

Oleh karena itu, pihaknya ingin mempercepat prosesnya. Hal tersebut juga untuk mengantisipasi kebutuhan para pedagang yang mesti mempersiapkan tempat barunya.

“Jangan sampai ditutup dulu (Jalan Otista) baru pindah. Pasti mereka butuh waktu untuk milih tempat, renovasi, dekor, dan lainnya,” tambah mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Bogor ini.

Baca Juga: Bukan Bangkrut, Ini Alasan Sebenarnya Yogya Bogor Sruyakencana dan Plaza Bogor Tutup

Setelah pembangunan Plaza Bogor berjalan, proyek pembangunan bagian belakangnya yakni Pasar Bogor juga dimulai. Hal itu baru akan berlangsung jika pemindahan pedagang di Pasar Bogor sudah selesai.

Muzakkir berharap seluruh rencananya berjalan lancar. Ia berharap para pedagang dan masyarakat paham yang dilakukannya merupakan niat baiknya untuk pedagang dan masyarakat Kota Bogor. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto