25 radar bogor

Taman Manunggal Siap Dibuka, Berikut Deretan Fasilitasnya

Taman Manunggal
Proyek Taman Manunggal sudah rampung 100 persen. Tak lama lagi bakal diresmikan. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Beberapa waktu ke depan Kota Bogor bakal meresmikan taman kota baru yakni Taman Manunggal. Taman ini berlokasi di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat tepat berada di pinggir perempatan Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Merdeka.

Baca Juga : Pembangunan Taman Manunggal Ditargetkan Rampung Bulan Ini

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Irfan Zacky mengatakan, proyek Taman Manunggal sudah selesai 100 persen dan tinggal menunggu waktu peresmian.

“Semua pembangunannya sudah selesai. Tinggal pembenahan sisa-sisa bangunan dan puing serta perapihan saja,” ucapnya saat dihubungi Radar Bogor pada Senin (5/12/2022).

Irfan menuturkan, pembangunan Taman Manunggal ditujukan bagi masyarakat umum khususnya warga Kota Bogor. Taman ini diharapkan bisa menjadi pilihan warga untuk berolahraga atau hiburan bersama keluarga.

“Harapannya bisa digunakan masyarakat agar aktivitas olahraga tidak hanya berpusat di pusat kota, melainkan tersebar merata di beberapa wilayah baik Utara, Barat, Selatan, Timur,” terang Irfan.

Di taman seluas 9700 meter persegi ini, terdapat fasilitas lapangan mini soccer yang bisa dimainkan oleh 18-22 orang. Lapangan berukuran panjang 75 meter dan lebar 45 meter ini dilengkapi rumput sintetis berwarna hijau terang dan gelap.

Di sebelahnya terdapat arena bermain anak yang bisa dimanfaatkan bagi keluarga yang datang membawa si buah hati. Area ini dilengkapi beberapa wahana bermain seperti seluncuran dan mainan lainnya.

Area sekeliling lapangan Taman Manunggal juga dilengkapi dengan jalur pedestrian selebar 1,5 meter yang bisa digunakan sebagai jogging track.

“Untuk kelengkapan fasilitas lainnya, kami bangun kamar mandi, ruang ganti baju, dan parkir dengan kapasitas lumayan luas untuk 30-35 mobil dan 50 motor,” imbuh Irfan.

Taman Manunggal juga disertai dengan food court yang memiliki 8-10 kios. Di sana masyarakat dapat mengisi perutnya dengan aneka kuliner yang ditawarkan.

Baca Juga : Pengelolaan Taman Manunggal Jadi Polemik, Komisi I Gelar Rapat Kerja

Meski sudah rampung, Irfan belum bisa menyebut tanggal pasti peresmian taman ini. “Kita menunggu arahan lagi. Menurut informasi akan diresmikan berbarengan dengan GOR di Kecamatan Bogor Utara dan Kecamatan Bogor Selatan,” beber Irfan.

Irfan mengajak masyarakat Kota Bogor dan pengunjung Taman Manunggal lain nantinya bisa menjaga kebersihan dan kerapihan fasilitas yang ada di taman tersebut. “Semoga kita sama-sama bisa memelihara dan peduli pada taman ini,” tutupnya. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep