25 radar bogor

Moment Piala Dunia, Berikan 4 Manfaat Terhadap Anak

Foto Anak-anak Bermain Sepak Bola

DEPOK- RADAR BOGOR- Piala Dunia saat ini sudah memasuki babak 16 besar. Dampak dari sepak bola ini tak hanya merasuki para peggemar saja, tetapi juga anak-anak. Sepak bola dan olahraga lainnya tentu dapat melatih sportivitas terhadap anak-anak.

Direktur Sekolah Yayasan Al Ma’mun Education Center (AMEC) H Ma’mun Ibnu Ridwan menjelaskan manfaat bermain sepak bola untuk anak dapat melatih rasa percaya diri. Selain itu, kata dia, bermain sepak bola juga baik melatih kesehatan mental anak.

Baca Juga :Korea Selatan VS Brazil : Tidak Dibumbui Dengan Tukar Jersey

Ia menjelaskan, dalam gelaran kompetisi mini soccer yang digelar dua hari tersebut diikuti 16 tim kategori SD dan 16 tim kategori SMP. Tujuan digelarnya kompetisi tersebut, kata dia, tak lain untuk memfasilitasi bakat dan minat anak dibidang olah raga khususnya sepak bola.

“Selain membangkitkan jiwa kompetisi dan sportivitas, sepak bola atau soccer juga dapat membuat anak dilatih kemandirian sejak dini,” katanya di Pondok Petir, Bojongsari, Depok dalam kick off piala bergilir mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso kepada wartawan baru-baru ini.

Dalam sambutannya pria yang akrab disapa Bang Yos itu merasa terpanggil untuk mencetak bibit atlet pesepak bola nasional. Ia meminta setiap sekolah dan lembaga untuk mencari bibit terbaik.

“Jumlah penduduk Indonesia terbesar ke empat di dunia, masa cari 11 pemain sepak bola saja enggak mampu. Dari dulu sampai sekarang enggak masuk piala dunia. Ayo bergerak, jangan jadi penonton saja,” ujar Bang Yos.

Berikut adalah manfaat bermain sepak bola untuk anak. Apa saja?

Baca Juga : Hore! Wahana Ice Skating Hadir Lagi di Cibinong City Mall

  1. Latih Fisik
    Latihan sepak bola, membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan fisik anak. Melompat untuk menendang bola, menyelam untuk menghentikan lawan mencetak gol, dan berlari ke lapangan semuanya membuat anak sehat secara fisik.
  2. Solidaritas dan Sosialisasi
    Dengan berolahraga di dalam tim, anak-anak tak hanya sekadar pasif bermain gadget, namun juga bergaul dan bersosialisasi dengan teman lainnya. Selain itu, bermain sepak bola membutuhkan banyak konsentrasi, perhatian terhadap detail, dan fokus.
  3. Ajarkan Kerja Sama Tim
    Kerja tim bisa menjadi salah satu hal paling mendidik. Sehingga anak dapat menghargai rival dan juga temannya.
    Bekerja sama dan berkoordinasi untuk mencapai tujuan tertentu. Membangun kepercayaan satu sama lain.
  4. Melatih Percaya Diri
    Sepak bola membuat mental anak lebih sehat. Olahraga ini membuat anak lebih percaya diri. Apalagi jika gol berhasil tercipta, maka mereka merasa kerja sama sudah berhasil.(jpg)

Editor : Yosep/Riadil-ppl