25 radar bogor

Jalan Bocimi yang Amblas Bakal Diperbaiki Pemerintah Pusat

Jalan Bocimi
Titik amblas di Jalan Bocimi yang kondisinya kini makin miring hingga membahayakan pengendara.

CIBINONG – RADAR BOGOR, Jembatan Cikereteg, Jalan Bocimi yang amblas bakal diperbaiki pemerintah pusat. Sebab, penghubung Bogor – Sukabumi itu, merupakan kewenangan Kementerian PUPR.

Baca Juga : Jalan Bocimi Makin Miring, Kendaraan Besar Dialihkan Lewat Tol 

Sejak ramai di pemberitaan mengenai kondisi jembatan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor pun berkoordinasi dengan Kementerian PUPR.

“Hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR, ruas jalan tersebut sudah dilakukan survey sejak bulan Oktober dan memang akan dilakukan perbaikan. Saat ini sedang tahap lelang, namun terjadi tanah amblas. Pada intinya akan segera dilakukan perbaikan,” ujar Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUPR, Gantara Lenggana, Senin (5/12/2022).

Meski kewenangan pemerintah pusat, kata Gantara, beberapa upaya dilakukan Pemkab Bogor untuk mengamankan warga sekitar dan pengendara yang melintas di ruas Jalan Bocimi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridallah mengaku telah menerjunkan personil untuk melakukan pengamanan ruas jalan dan pengaturan lalu lintas.

“Untuk memperlancar arus lalu lintas dan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan karena terjadi longsor pada Jembatan Cikereteg. Saya mengimbau pengguna jalan yang melalui jembatan Cikereteg selalu waspada dan berhati-hati serta mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara,” imbaunya.

Sebelumnya, Polres Bogor juga memberlakukan rekayasa lalu lintas di ruas Jalan Bocimi yang amblas tersebut. Kendaraan – kendaraan besar diarahkan untuk masuk ke Tol Rancamaya dan Tol Ciawi.

Baca Juga : Ngeri, Begini Penampakan Udara Jembatan Cikereteg Akses Bocimi yang Longsor

Sementara kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Cigombong dan Caringin, diarahkan masuk ke Tol Cigombong-Caringin.

“Sedangkan untuk kendaraan kecil seperti mobil dan motor masih dapat melintas di lokasi. Kami melakukan pembatasan dengan melakukan buka tutup, baik dari arah Sukabumi ke Bogor maupun sebaliknya, secara bergantian. Hal ini kami lakukan untuk mengurangi beban dari jembatan ini sendiri,” terang Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep