25 radar bogor

Belasan Rumah di Ciampea Rusak Diterjang Puting Beliung

Ciampea
Salah satu bangunan rumah yang rusak di terjang angin puting beliung di Ciampea, Minggu (4/12/2022).

CIAMPEA – RADAR BOGOR, Sebanyak 18 rumah di Desa Tegalwaru, Kecamatan Ciampea rusak diterjang puting buliung Minggu (4/12/2022) sore. Tak hanya rumah, lahan pertanian juga ikut rusak. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga : Kawanan Pelaku Diduga Gangster Pembobol SD di Ciampea Diringkus Polisi

“Ya, lahan pertanian juga rusak seperti kebun jagung dan kebun pisang,” ungkap Kepala Desa Tegalwaru Nunung Nuriyah ketika ditemui wartawan Senin (5/12/2022).

Ia berharap, dinas terkait bisa turun ke lapangan untuk melihat kondisi rumah warga di Ciampea yang rusak diterjang puting belung, termasuk juga area perkebunan. “Yang rusak berat ada 5 bangunan, sisanya rusak ringan. korban jiwa tidak ada,” jelasnya.

Kerusakan rumah warga rata-rata pada bagian atap dan genteng. “Untuk wilayah terdampak ada di RW 02, 03, 04 dan untuk RW 06,” ucapnya.

Senada dikatakan, Kapolsek Ciampea Kompol Beben Susanto. Ia mengaku, selain belasan rumah warga mengalami kerusakan, ada juga pohon tumbang yang sempat menutup akses jalan ketika kejadian.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya, kerusakan rumah warga perlu perbaikan segera mengingat kondisi yang belum memungkinkan untuk ditempati,” kata Beben.

Namun, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. Sementara pohon tumbang yang terjadi sudah dilakukan pembenahan hingga akses warga telah normal kembali.

Baca Juga : Gengster Bobol SD Cihideung Ilir 04 Ciampea Terekam CCTV, Pakai Kupluk dan Masker Hitam

“Pohon tumbang itu sempat menimpa kabel PLN. Tapi sudah diselesaikan bersama dengan BPBD Kabupaten Bogor,” kata dia.

Beberapa titik lokasi yang terdampak akibat intensitas curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang (puting beliung) di wilayah Kecamatan Ciampea, tersebar di Desa Tegalwaru, Cibanteng dan Cihideung Udik. Sementara wilayah Desa Cibanteng ada pohon tumbang ke bahu jalan dan tersangkut kabel di Jalan Raya Cinangneng. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep