25 radar bogor

Pemkab Cianjur Minta Warga Tidak Bangun Rumah di Desa Ini

CIANJUR-RADAR BOGOR, Pascabencana gempa bumi Kabupaten Cianjur, terdapat beberapa titik yang masuk dalam kategori rawan dan tidak dapat kembali dibangun untuk tempat hunian.

Tiga lokasi itu di Desa Sarampad, Desa Cijedil, dan Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Siapkan Tiga Titik Relokasi, Prioritas dari Desa Ini

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sudah menyiapkan tempat di tiga desa yakni di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Desa Mande Kecamatan Mande dan Desa Ciloto Kecamatan Cipanas.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, lokasi yang ditandai dan sebagai wilayah titik gempa bumi, tidak bisa untuk dibangun kembali. Lantaran dikhawatirkan berbahaya.

“Pemerintah sudah menyiapkan tanahnya yakni di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Desa Mande Kecamatan Mande dan Desa Ciloto Kecamatan Cipanas,” ujarnya.

Lanjut Herman, pihaknya pun masih menanti data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai wilayah yang dilarang untuk kembali dibangun kembali.

Baca Juga: Korban Meninggal Gempa Cianjur Menjadi 329 Jiwa

“Dari hasil diskusi beberapa wilayah yang tidak boleh dibangun kembali pertama Desa Sarampad, karena di sekitar itu titik gempa bumi. Kedua Desa Cijedil tepatnya di lokasi longsor, itu tidak mungkin dibangun dan Desa Mangunkerta juga,” jelasnya. (radarcianjur/kim)

Editor: Imam Rahmanto