25 radar bogor

Virus Zombie Bangkit dari Dalam Es, Bisa Bahaya Seperti Covid-19

Ilustrasi Virus Nipah
Ilustrasi Virus Zombie

PRANCIS-RADAR BOGOR, Virus Zombie ditemukan muncul akibat es permafrost cair saat suhu global meningkat. Virus itu sudah tidur selama 48 ribu tahun di dalam es yang membeku dan tetap aktif. Peneliti khawatir virus Zombie bisa bahaya seperti Covid-19.

Baca Juga : Virus Zombie Bangkit dari Tidur, Selama 50 Ribu Tahun di Dalam Es

Ilmuwan Prancis telah memperingatkan akan terjadinya wabah lain setelah virus zombie berusia 48.500 tahun yang terkubur di bawah danau beku di Rusia hidup kembali.

Laporan New York Post yang belum ditinjau oleh rekan sejawat itu mengungkapkan penelitian baru ini dipimpin oleh ahli mikrobiologi Jean-Marie Alempic dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis.

Apa itu virus Zombie?

Virus ini muncul karena pencairan permafrost saat suhu global meningkat. Strain baru adalah salah satu dari 13 virus yang diuraikan dalam penelitian ini, yang masing-masing memiliki genomnya sendiri, demikian menurut Science Alert.

Virus tertua dijuluki Pandoravirus setelah karakter mitologis Pandora, berusia 48.500 tahun. Rekor usia untuk virus beku yang kembali ke keadaan di mana berpotensi menginfeksi organisme lain.

Hal ini memecahkan rekor sebelumnya yakni virus berusia 30.000 tahun yang ditemukan oleh tim yang sama di Siberia pada 2013. Pandoravirus ditemukan di bawah dasar danau di Yukechi Alas di Yakutia, Rusia.

Apa penyebabnya?

Menurut penelitian, seperempat dari belahan bumi utara ditopang oleh tanah beku permanen, yang disebut permafrost. Karena pemanasan iklim, permafrost yang mencair secara ireversibel melepaskan bahan organik yang membeku hingga satu juta tahun, yang sebagian besar terurai menjadi karbon dioksida dan metana.

Dampaknya semakin meningkatkan efek rumah kaca. Bagian dari bahan organik ini juga terdiri dari mikroba seluler yang dihidupkan kembali (prokariota, eukariota uniseluler) serta virus yang tidak aktif sejak zaman prasejarah.

Apakah virus zombie berpotensi berbahaya?

Para ilmuwan menemukan bahwa virus zombie berpotensi menular dan bahaya bagi kesehatan. Mereka khawatir sama seperti Covid-19.

Peneliti percaya bahwa pandemi seperti Covid-19 akan menjadi lebih umum di masa depan karena permafrost yang mencair melepaskan virus yang sudah lama tidak aktif seperti mikroba.

Baca Juga : Waspada! Giliran Virus Polio yang Sedang Mewabah

“Oleh karena itu wajar jiia ada risiko partikel virus purba tetap menular dan kembali ke sirkulasi dengan mencairnya lapisan permafrost kuno,” tulis mereka.

Para ilmuwan percaya bahwa penemuan virus baru-baru ini hanyalah puncak gunung es. Bisa jadi lebih banyak virus yang berada di bawahnya yang memerlukan studi dan penelitian lebih lanjut. (jpg)

Editor : Yosep