25 radar bogor

Tenun By Moi, Merajut Peluang Turunan Kain Tenun Khas Nusantara

Tenun By Moi
Mee Mee, salah satu pelaku usaha yang menyulap kain tenun menjadi beragam produk berupa busana dengan brand Tenun By Moi. OMER/RADAR BOGOR

BOGOR – RADAR BOGOR, Indonesia kaya kerajinan daerah, salah satunya berbagai jenis kain tenun. Kain tenun ikat atau sejenisnya saat ini sudah ramai digunakan sebagai fashion. Salah satu pelaku usaha yang menyulap kain tenun menjadi beragam produk berupa busana adalah Mee Mee, dengan brand Tenun By Moi.

Baca Juga : Ingin Fesyen Sekolah Vokasi Mendunia, Mas Menteri: Bikin Indonesia Pusat Busana Muslim Dunia

Dia melihat, produk kerajinan berbahan dasar tenun semakin populer pada tahun ini. Itulah yang mendorong Mee Mee memulai bisnis fashion dari kain tenun ikat sejak awal pandemi. Ditambah lagi, dirinya memiliki hobi mengenakan pakaian atau busana dengan khas nusantara. Pertimbangan lain, lantaran sarat nilai seni, fashion atau busana dari kain tenun bernilai jual tinggi.

“Kebetulan saya suka dengan kain tenun. Masih sedikit, waktu saya memulai. Bisa ikut lestarikan kekayaan nusantara, membantu pengrajin tenun yang ada di daerah,” ujar wanita yang disapa dengan Mee Mee ini kepada Radar Bogor, saat ditemui di galery Jalan Lokatmala No 33 Villa Duta, Bogor kemarin.

Saat ini Tenun by Moi tidak hanya memproduksi busana dewasa wanita dan pria, tapi juga untuk anak-anak. Baik itu anak laki-laki maupun perempuan.

Ada berbagai jenia busana produksi Tenun By Moi. Mulai dari dress, auter, jaket, blus, celana, rok dan beberapa jenis lainnya.

Mee Mee juga menuturkan untuk memberikan nuansa yang berbeda dan lebih indah, mayoritas produk dikombinasikan dengan kain lain.

“Ada tambahan kain polos biasanya. Dilihat dari jenis dan model pakaiannya,” terang wanita yang juga owner dari Cendol De Keraton ini.

Untuk harga sesuai dengan jenis busana dan bahan tenun yang digunakan. Best seller rok dengan model simpel sarung, ukuran M dan L dibanderol harga kisaran Rp650 ribu – Rp1,2 juta. Dress atau terusan, ukuran yang tersedia M dan L diharga Rp900 ribu – Rp1,3 juta. Blus dikisaran harga Rp850 ribu.

Auter wanita dewasa kisaran harga Rp450 ribu – Rp1,1 juta dan untuk Auter cowok mulai dari Rp650 ribu. Celana fashion atau celana santai harga mulai dari Rp700 ribuan, ukuran yang tersedia M dan L. Sementara itu kemeja cowok mulai Rp650 ribu.  “Ready stok. Model baju, longgar jadi ukuran tersedia M dan L. Bisa juga request ukuran,” tambah Mee Mee.

Baca Juga : Dorong Lokal Pride Kota Bogor, Puncak Mulyaharja Fest Suguhkan Fashion Show 60 Busana Ciamik

Lama pemesanan untuk ukuran sekitar 14 hari atau dua minggu dari waktu pemesanan. Dan untuk model hanya bisa sesuai dengan koleksi yang ada di Tenun By Moi.

Pemasaran selain datang langsung ke galery , dapat juga memesan lewat media sosial Tenun By Moi. Untuk datang ke galery, terlebih dahulu membuat janji. “Datang ke galery by appointment,” tutup Mee Mee. (mer)

Reporter : Omer Ritonga
Editor : Yosep