25 radar bogor

Swiss Dampingi Brasil ke 16 Besar, Kalahkan Serbia Lewat Laga Menegangkan 

Swiss
Selebrasi pemain Swiss usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

QATAR-RADAR BOGOR, Swiss berhasil lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022 dari Grup C mendampingi Brasil. Swiss melaju ke babak knock out setelah mengalahkan Serbia dalam laga menegangkan di Stadium 974, Doha, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

Baca Juga : Kamerun Jadi Negara Afrika Pertama Kalahkan Brasil di Piala Dunia

Swiss dan Serbia berbalas gol dan hingga laga tuntas tercipta 5 gol. Swiss mampu menang dengan skor 3-2 dan menyegel tiket babak 16 besar dari Grup G untuk menemani Brasil.

Sebelum laga, bumbu-bumbu ketegangan sudah muncul. Hal itu terkait selebrasi Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri usai mencetak gol ke gawang Serbia di Piala Dunia 2018 lalu.

Kala itu, mereka menyilangkan kedua tangan membentuk elang berkepala dua yang merupakan simbol negara Albania. Ada unsur politis di dalamnya.

Fans Serbia masih mengingat aksi kedua pemain Swiss itu. Dikhawatirkan, ketegangan politis itu bakal terulang dalam laga ini. Namun, semua berjalan penuh sportivitas. Shaqiri yang kembali mencetak gol ke gawang Serbia tak melakukan selebrasi serupa.

Dalam prosesnya, Swiss unggul lebih dahulu pada menit 20 lewat Shaqiri usai memanfaatkan umpan dari Djibril Sow. Namun, keunggulan Swiss tak berlangsung lama. Hanya selang 7 menit atau tepatnya menit 27, Aleksandar Mitrovic menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sundulan usai menerima umpan dari Dusan Tadic.

Serbia berbalik unggul 2-1 pada menit 35 usai Dusan Vlahovic menodai gawang Swiss yang dijaga Gregor Kobel. Namun, jelang turun minum, Swiss mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Brel Embolo.

Memasuki babak kedua, Swiss langsung menggebrak. Baru 3 menit babak kedua berjalan, tim asuhan Murat Yakin sudah mencetak gol lewat Remo Freuler umpan dari Ruben Vargas.

Baca Juga : Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022, Jerman-Belgia Out!

Gol di menit 48 itu menjadi gol yang tercipta dalam laga tersebut. Hingga laga berakhir tak ada lagi gol meski banyak peluang yang didapat kedua tim. Swiss menang 3-2 dan melenggang ke babak 16 besar.

Swiss menjadi runner-up Grup G meski poin mereka sama dengan Brasil yakni 6. Brasil berhak di puncak lantaran memiliki selisih gol lebih baik. Brasil sendiri pada saat bersamaan secara mengejutkan kalah 0-1 dari Kamerun. (jpg)

Editor : Yosep