25 radar bogor

‘Pak Tani’ Ajak Mahasiswa IPB Jadi Pengusaha

Pak Tani
Wayan Supadno atau dikenal sebagai Pak Tani, saat menjadi narasumber dalam kuliah umum mahasiswa IPB Sekolah Vokasi (SV) Program Studi Komunikasi Digital dan Media angkatan 57, 58, dan 59, Jumat (2/12/2022).

BOGOR- RADAR BOGOR, Apakah kamu seseorang yang tidak percaya diri ? Ya, kerap kali seorang manusia merasa bahwa dirinya tak akan mampu.  Padahal, Tuhan memberikan banyak potensi kepada manusia untuk menjadi seorang sukses. Hal itulah yang dipercaya Wayan Supadno. Sosok yang dikenal dengan panggilan Pak Tani itu, kini berhasil menjalani bisnisnya.

Baca Juga : Internasional Summer Course, IPB Sukses Sedot Mahasiswa Lintas Benua

Wayan Supadano memiliki cukup banyak pengalaman gagal dalam menjalankan usahanya. Ketika semester 1 SMA, dia berada di urutan ke-47 dari total 47 siswa. Saat itu, urutan terakhir di kelas dan dianggap bodoh orang lain. Tetapi, dengan kegigihannya menjadi peringkat pertama ketika lulus.

Kegigihannya juga yang mengantarkan Pak Tani dari seorang laki-laki tak punya apa-apa menjadi miliader.
Berkat kesuksesannya tersebut, sering diundang menjadi narasumber berbagai kegiatan.

Jum’at (2/12/2022), Wayan Supadno dipercaya menjadi narasumber dalam kuliah umum mahasiswa IPB Sekolah Vokasi (SV) Program Studi Komunikasi Digital dan Media angkatan 57, 58, dan 59. Topik yang diangkat cukup membuat mahasiswa semangat. “Gagal Bukan Akhir”. Itulah topiknya.

Kegiatan yang dihelat ldi Kampus IPB Baranangsiang tersebut, berjalan komunikatif. Terlebih, tujuan diadakan kuliah umum bertema socio-entrepreneur ini dapat memantik semangat mahasiswa supaya berjiwa tangguh dan kreatif.

“Saya tidak naik kelas 2 kali waktu SD, saya juga gagap bicara ketika kecil, tapi sekarang saya buktikan bahwa saya bisa berhasil.,” ujar Wayan Supadno.

Lebih lanjut ia mengatakan, gagal berkali-kali dan merugi hingga miliaran rupiah bukan masalah baginya. Kondisi itu bagi si Pak Tani adalah sebuah pembelajaran.

Baca Juga : Menteri LHK Apresiasi Kerja Alumni Fahutan IPB dalam Bogor Go Green 7

‘’Percaya kepada Tuhan, cintai apa yang kita miliki dan yakin bahwa kita pasti bisa. Jika saya bisa, anda pun bisa. Saya sangat senang jika kalian mau belajar berwirausaha. Silahkan hubungi saya jika perlu bantuan, semakin banyak semakin bagus. Supaya nanti kita reuni, semua orang di sini sudah sukses dengan usahanya masing-masing,” urainya.

Wayan menambahkan, dirinya siap menjadi mentor berwirausaha mahasiswa yang tertarik di bidang bisnis. Tentu saja, ungkapan itu disambut gemuruh riuh para mahasiswa dan dosen yang hadir.

Selain Wayan Supadno, pembicara lain adalah; Bagus P Purwanto, Wakil Dekan 1 SV IPB Bagus P Purwanto, Wahyu Budi Priatna, Kaprodi Komunikasi Digital dan Media serta para dosen di lingkungan SV IPB. (*/aan)

Editor : Yosep