radar bogor

Miris, Murid MI Nurul Huda Belajar di Halaman Rumah Warga

Murid-murid MIS Nurul Huda Cigudeg yang kekurangan kelas terpaksa menggelar pembelajaran di halaman rumah warga. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Sejumlah pelajar di sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MIS) Nurul Huda terpaksa menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) di pekarangan rumah warga. Musababnya, sekolah hanya memiliki 4 lokal ruang kelas dengan kondisi gedung sudah rusak.

Gedung sekolah berada di Kampung Citempuan RT 01/09 Desa Banyuresmi, Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Truk Tambang Bebas Melintas Siang Bolong, Ancam Bahaya Anak Sekolah

Kepala Sekolah Cucu Solahudin mengatakan, karena keterbatasan ruang kelas, beberapa murid terpaksa harus belajar dengan cara ngampar di pekarangan rumah warga.

“Untuk jumlah murid 232 siswa. Kalau empat lokal ruang kelas tentu kurang. Bahka, kita bagi ruangan dengan guru,” ucapnya.

Dia menjelaskan, kondisi ini membuat murid tidak fokus belajar sampai para guru mengalami kerepotan saat mengajar.

“Kalau terus-terusan kelas rangkap sehingga ngajarnya tidak fokus. Begitupun dengan murid jadi tidak nyaman,” kata dia.

Ia mengakui, pihak sekolah telah berupaya mengajukan ke pemerintah baik Kementerian agama dan dinas hingga provinsi.

“Kita sudah ada upaya mengajukan bantuan. Pertama, Kementerian Agama , baik ke Kabupaten maupun ke provinsi. Bahkan di musrembang desa sudah disampaikan, tapi sampai sekarang belum ada realisasinya sejak dibangun tahun 2005,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Cigudeg Titin Sumarni turun langsung mengecek kondisi bangunan miris melihat kondisinya yang cukup mengkhawatirkan.

Baca Juga: Lamban Tindaklanjuti Sekolah Rusak, Bima Arya Bakal Evaluasi Disdik Besar-besaran

“Mudah-mudahan nanti ini ada titik terang. Kita akan cepat melakukan koordinasi, karena ini madrasah. Jadi bukan ke Disdik,” kata Titin.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto