25 radar bogor

Jerman Tersingkir, Thomas Mueller: Ini Benar-benar Bencana

Pemain berpengalaman Timnas Jerman Thomas Mueller mengatakan tersingkirnya Der Panzer dari fase grup Piala Dunia untuk kedua kalinya secara beruntun adalah benar-benar bencana

QATAR-RADAR BOGORPemain berpengalaman Timnas Jerman Thomas Mueller mengatakan tersingkirnya Der Panzer dari fase grup Piala Dunia untuk kedua kalinya secara beruntun adalah benar-benar bencana. Sebelum di Piala Dunia 2022, Jerman juga tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018.

Jerman mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 pada laga terakhir Grup E, Jumat (2/12) dini hari WIB. Namun, Spanyol kalah 1-2 dari Jepang yang berarti Jerman finis peringkat tiga klasemen di belakang Spanyol. Kedua tim sama-sama mengantongi empat poin dan peringkat ditentukan oleh selisih gol. Jerman kalah selisih gol dari Spanyol.

“Ini sangat pahit bagi kami karena hasil ini seharusnya cukup untuk lolos,” kata Mueller dikutip AFP. “Ini adalah perasaan ketidakberdayaan,” imbuhnya.

Mueller menjadi bagian skuad Jerman yang meraih trofi Piala Dunia 2014. Dia juga tampil saat Jerman tersisih dari fase yang sama empat tahun lalu di Rusia.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022, Jerman-Belgia Out!

Jerman tampil all out pada laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12) dini hari WIB. Menghadapi Kosta Rika, Jerman meraih kemenangan dengan skor 4-2. Dalam prosesnya, Jerman unggul 1-0 pada menit 10 lewat sundulan Serge Gnabry di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Kosta Rika mampu mengejutkan Jerman. Tim asuhan Luis Suarez itu mencetak 2 gol pada menit 58 dan 70. Yeltsin Tejeda dan Juan Pablo Vargas membawa Kosta Rika unggul 2-1.

Tak ingin malu, Jerman mengamuk di sisa laga. Tiga gol berhasil dibukukan oleh pemain pengganti Kai Havertz (2 gol) da Niclas Fullkrug yakni pada menit 73, 85, dan 89. Jerman mengakhiri laga dengan kemenangan 4-2.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022 : Jepang Kandaskan Jerman, Spanyol Pesta Gol

Hanya saja, kemenangan itu tak membawa Der Panzer – julukan Timnas Jerman, melaju ke babak 16 besar. Tim asuhan Hansi Flick itu gagal melewati fase grup. Dan, ini menjadi rekor buruk Jerman di pentas Piala Dunia.

Untuk pertama kalinya, Jerman gagal lolos dari fase grup secara back to back. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Jerman juga gagal melewati fase grup. Kini di Piala Dunia 2022, Jerman tersingkir di fase grup. (JPG) 

Editor:yosep/arul-pkl