Survei Pelanggan Perumda Tirta Pakuan, Unpak Paparkan Hasilnya 

Perumda Tirta Pakuan
Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menyampaikan hasil survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor medio 2022.

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menyampaikan hasil survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor medio 2022.

Baca Juga : Promo 12-12 Tirta Pakuan, Ada Hadiah Menarik untuk Pelanggan Baru

Adapun hasilnya, kepuasan secara agregat menunjukkan nilai sangat baik yaitu 86 bagi produk, dan jasa sebesar 85 persen atau dapat dikatakan sangat memuaskan.

Survei itu dilakukan sepanjang September dan Oktober 2022, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Stratified and Systematical Unproporsional Sampling.

Sedangkan metode pengolahan menggunakan lmportance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Survei dilakukan terhadap 2.300 pelanggan sebagai responden.

Selain itu, dilakukan klasifikasi kelompok pelanggan Perumda Tirta Pakuan berdasarkan zona, wilayah administratif, dan golongan tarif. Untuk zona terbagi menjadi 6 yang meliputi zona 1 sampai dengan zona 6.

Sementara wilayah administratif terbagi menjadi 7 yang meliputi Kabupaten Bogor, Tanah Sareal, Kecamatan Bogor Utara, Kecamatan Bogor Selatan, Kecamatan Bogor Tengah, Kecamatan Bogor Barat dan Kecamatan Bogor Timur.

Sedangkan golongan tarif meliputi sosial (S), rumah tangga (R), instansi pemerintah (IP) dan niaga (N) serta industri (I).

Hasil survei ini juga dijadikan landasan Perumda Tirta Pakuan untuk mengembangkan bidang usaha lain agar bisa menghasilkan pendapatan selain dari pembayaran tarif.

Rektor Unpak Kota Bogor, Prof. Didik Notosudjono mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi agreement antara Unpak dengan Perumda Tirta Pakuan, dalam hal ini bidang kajian dan penelitian.

“Kegiatan ini sangat penting bagaimana kontribusi perguruan tinggi terhadap Tirta Pakuan yang melayani masyarakat. Ini merupakan yang penting dan ini kepercayaan Tirta Pakuan kepada kami,” kata Didik.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengamini yang disampaikan Rektor Unpak soal kerjasama antara perusahaan dengan institusi akademik.

“Dari laporan-laporan survei kami banyak belajar dan banyak hal yang kami temukan. Dilihat dari hasilnya, kami tidak punya tantangan karena hasilnya bagus terkait penilayan layanan terhadap masyarakat,” ucapnya.

“Indikatornya pilihannya ada empat yaitu Baik, Baik Sekali, Tidak Baik dan Tidak Baik Sekali. Hasilnya Alhamdulillah baik sekali, ini merupakan hasil dari treatmen manajemen. Ini juga akan menjadi dasar bagaimana untuk pengembangan perusahaan kedepannya dengan hasil survey yang bagus,” ungkapnya.

Kedepannya Perumda Tirta Pakuan tidak hanya bergantung pada tarif, akan tetapi ada potensi pendapatan lain yang dihasilkan dari bidang lainnya.

“Kami membuat tim pengembang usaha dan bisnis untuk memberdayakan aset kami. Ada master plan bisnis, kami juga sudah buat anak perusahaan dibidang jasa kontruksi bekerjasama dengan BUMN, pasarnya seluruh PDAM di Indonesia dan kerjasama dengan BUMD Jawa Barat untuk pembuatan es kristal,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Unpak, Herman memaparkan, kepuasan pelanggan menunjukkan performa Perumda Tirta Pakuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kenaikan kepuasan terhadap pelayanan perusahaan.

Untuk itu, Customer Satisfaction Survei (CSS) penting untuk dilakukan setiap tahun. CSS dilakukan terhadap dua jenis pelayanan, yaitu kinerja pelayanan produk dan jasa.

Baca Juga : Srikandi Tirta Pakuan Aktif Menularkan Keterampilan Mengolah Limbah Rumah Tangga

Teknik pengambilan sampel survei sendiri menggunakan cluster stratified and systematical unproporsional sampling.

“Metode pengolahan menggunakan lmportance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dalam melakukan penilaian Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, mengidentifikasi karakteristik pelanggan Perumda Tirta Pakuan didasarkan pada informasi yang disampaikan oleh 2.300 pelanggan yang menjadi responden dalam kegiatan survei tahun 2022,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep

Berita Lainnya