25 radar bogor

Klien Bapas Kelas II Bogor Digembleng Ilmu Pertanian hingga Peternakan

Bapas Kelas II Bogor menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Beliver Karya Indonesia, Kamis (1/12). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Bogor menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Beliver Karya Indonesia, Kamis (1/12). Kerja sama berbentuk pelatihan bidang pertanian, perikanan dan peternakan.

Kepala Bapas Bogor, Teolina Saragih mengatakan, pihaknya mempunyai tugas memberikan keterampilan kepada klien pemasyarakatan, baik itu bidang kemandirian maupun bidang kepribadian.

Baca Juga: Bapas Kelas II Bogor Latih Klien Pemasyarakatan Teknik Handmade Ecoprint

Teolina menerangkan, ada 15 klien pemasyarakatan yang akan mengikuti kegiatan pelatihan selama 15 hari di wilayah Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Mereka yakni klien yang bebas bersyarat dan menjalani asimilasi rumah.

“Jadi, dengan ini kami bekerja sama dengan PT Beliver Karya Indonesia dalam hal pemberian keterampilan kemandirian bidang pertanian, perikanan dan peternakan,” katanya.

Diharapkan, dilanjutkan perempuan yang kerap disapa Teo klien yang 15 orang ini bisa mengikuti kegiatan dengan baik dan berhasil dalam belajar tentang pertanian, perikanan, peternakan sehingga mereka dapat hidup mandiri.

“Intinya bisa mempunyai penghasilan dan bisa menjadi contoh sehingga mereka bisa menjadi orang yang produktif yang berguna di masyarakat, diterima di masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum lagi,” harapnya.

Setelah pelatihan, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) tetap akan memonitor mereka, mengawasi mereka, membimbing mereka, dan mengingatkan mereka tentang segala hal yang terkait dengan keberadaan mereka.

“Meski jumlah PK kita hanya 34 orang dan harus membimbing 2.600-an klien di tiga wilayah meliputi Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok, namun PK-PK ini tetap semangat dan aktif,” ucapnya.

Di tempat yang sama, CEO PT Beliver Karya Indonesia, Gabriel Frederich Louren mengatakan, pelatihan untuk para klien pemasyarakatan Bapas Bogor ini untuk menanamkan sebuah ilmu baru. Selain bisa menjadi modal usaha ke depan, sekaligus untuk menyembuhkan mereka secara mental.

“Kenapa kita mengambil bidang pertanian, perikanan dan peternakan? Karena tempat yang akan kita pakai benar-benar di tengah alam, di tengah pepohonan, di tengah sawah. Itu bisa membantu menyembuhkan mereka secara mental dan psikisnya,” kata Gabriel didampingi Presiden Direktur PT Beliver Karya Indonesia, Betania Eden Thenu.

Gabriel mengatakan, tak hanya dibekali pelatihan, tapi ke depannya hasil panen juga dibantu untuk akses atau jalur untuk mereka menjualnya agar dari hasil penjualan semua itu nanti akan kembali ke mereka.

Baca Juga: Bapas Kelas II Bogor Latih Klien Pemasyarakatan Teknik Handmade Ecoprint

Ini menjadi project pertama dengan Bapas dan menjadi proyek percontohan atau pilot project.

“Kami harapkan kedepannya berjalan terus dan bukan hanya di bidang pertanian, perikanan atau peternakan saja tapi bisa berkembang ke bidang-bidang lainnya,” tukasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto