Rudy Susmanto Dorong Pemkab Bogor Bangun Sirkuit Road Race

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

BOGOR-RADAR BOGOR, Menyandang gelar sebagai juara umum berturut-turut dalam gelaran olahraga terakbar di Jawa Barat, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Kabupaten Bogor berharap Pemerintah Kabupaten (PEmkab) Bogor mampu membangun sirkuit road race permanen.

Jika dibandingkan daerah lain, Kabupaten Subang memiliki sirkuit Gery Mang yang memiliki panjang lintasan 1,118 kilometer dengan lebar 8,5-12 meter. Sirkuit yang berada tepat di belakang pasar tradisional Subang ini dibangun dengan APBD sebesar Rp9 Miliar sebanyak dua tahap.

Baca Juga: Balap Motor Kabupaten Bogor Optimis Rengkuh Juara Umum

Sirkuit yang diberi nama dari pembalap asal Subang Gery Mang yang tewas dalam kejuaraan road race tersebut mampu melahirkan pembalap-pembalap nasional. Salah satu buktinya, Kabupaten Subang berhasil menyabet juara umum di kategoro Road Race pada ajang Porprov XIV kemarin, dengan raihan 2 emas dan 1 perak.

Sirkuit berikutnya, Bukit Peusar di Tasikmalaya. Sirkuit dengan panjang lintasan 1,3 Km ini menjadi langganan event nasional seperti One Prix. Sirkuit ini dibangun oleh perorangan alias swasta, namun biaya untuk latihannya sangat terjangkau, Rp75 rb satu pembalapnya untuk latihan seharian penuh.

Kabupaten Bogor memiliki sirkuit Road Race, ya sirkuit Karting Sentul yang sudah sangat tersohor namanya. Namun, untuk berlatih di sentul buat para pembalap pemula sangat berat karena biaya yang harus dikeluarkan. Bayangkan saja, untuk satu motornya Rp250.000 ditambah lagi biaya Paddock Rp200.000.

Di dunia balap Road Race, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Subang memiliki pembalap hebat yang meraih medali emas pada Porprov XIV kemarin, Bahkan kedua daerah ini berhasil meraih dua emas. Bedanya, Subang yang memiliki sirkuit yang dibangun pemerintah, sedangkan Kabupaten Bogor tidak memiliki sirkuit yang dibangun pemerintah.

Menyandang juara umum dua kali berturut-turut Porprov, sudah selayaknya, pemerintah kabupaten Bogor memiliki sirkuit roadrace untuk menunjang prestasi balap Motor.

“Jika dilihat hasil balap motor selama dua kali porprov, Kabupaten Bogor memiliki potensi pembalap yang sangat hebat. Maka dari itu sudah selayaknya pemerintah kabupaten Bogor membangun sirkuit permanen,” ujar ketua IMI Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom.

Beberapa daerah di Jabar, seperti Bandung Barat sudah mujlai merencanakan pembangunan sirkuit permanen. Bahkan, Wakil Walikota Bandung Barat Hengky Kurniawan yang turun langsung menorong dibangunnya sirkuit permanen di daerahnya.

Selain itu, Kabupaten Cianjur juga sudah berencana membangun sirkuit permanen, mengingat potensi anak-anak mudanya sangat bagus di dunia balap.

“Potensi Kabupaten Bogor sudah terbukti menjadi juara umum dua kali berturut-turut diajang porprov sudah saatnya memiliki sirkuit roadrace permanen,” ujarnya.

Aan mengatakan, pada 2021 lalu rencana membangun sirkuit permanen di kecamatan Rumpin sudah sangat menguat. Bahkan, Detail Engenering Design (DED) sirkuit pun sudah diajukan ke Dispora.

“Tapi, Pemkab Bogor malah mengajukan pembangunan TPA di lokasi rencana pembangunan sirkuit,” jelas politisi Golkar tersebut.

Ia menjelaskan, potensi pembalap Kabupaten Bogor sangat besar, untuk itu kewajiban pemerintah Kabupaten Bogor untuk menyiapkan fasilitas menunjang pretasi di dunia balap.

“Sudah selayaknya Kabupaten Bogor punya sirkuit road race permanen,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, selain pemasukan dari harian para pembalap yang berlatih, jika pembangunan Road Race memiliki grade tertinggi juga akan banyak event yang mampu menambah PAD.

“Kalau banyak even bukan hanya PAD saja, tapi ekonomi mikro di sekitar sirkuit juga ikut berkembang,” tegasnya.

Harapan memiliki sirkuit Road Race juga diamini oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

Baca Juga: Balap Motor Optimis Juara Umum Propov XIV Jabar

“Dengan prestasi yang diraih cabor balap motor di dua kali Porprov menjadi juara umum, sudah selayaknya Kabupaten Bogor memiliki sirkuit Roadrace untuk menunjang prestasi anak anak muda,” ujarnya.

Politisi partai Gerindra itu juga mengaku bangga dengan raihan prestasi yang diukir oleh para pembalap muda Kabupaten Bogor.

“Saya berharap dunia balap di Kabupaten Bogor baik road race maupun Grasstreck terus berprestasi,” ujar pria penghobi motorcross ini. (*/adv)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya