25 radar bogor

Kalah 3 Kali, Qatar Catat Rekor Tuan Rumah Terburuk dalam Sejarah

Qatar
Laga Belanda vs Qatar Pada Piala Dunia 2022

QATAR-RADAR BOGOR, Tidak pernah terjadi sebelumnya, tuan rumah menelan tiga kali kekalahan dalam tiga pertandingan fase grup Piala Dunia. Namun rekor itu pecah saat Qatar dikalahkan Belanda pada laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022.

Baca Juga : Sudah Tiga Tim Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Kandidat Juara   

Bertanding di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar tumbang 0-2. Ini adalah kekalahan ketiga Qatar setelah sebelumnya dikandaskan Ekuador (0-2) dan Senegal (1-3).

Dua gol Belanda pada laga ini diciptakan oleh Cody Gakpo pada menit ke-26 dan Frenkie de Jong pada menit ke-49. Dengan tambahan tiga poin, Belanda berhasil finis sebagai juara Grup A dengan 7 poin. Itu hasil dari 2 menang dan 1 imbang.

Di sisi lain, Ekuador sebetulnya hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir Grup A untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Namun, Ekuador tampil antiklimaks dan dipukul Senegal dengan skor 1-2.

Senegal unggul lewat eksekusi penalti Ismaila Sarr pada menit ke-44. Penalti diberikan karena bek tengah Ekuador Piero Hincapie menjatuhkan Sarr di kotak terlarang. Sarr yang menjadi eksekutor, menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Pada babak kedua, Ekuador mampu menyamakan kedudukan. Yakni melalui bintang muda berusia 21 tahun Moises Caicedo. Tendangannya pada menit ke-67, berhasil membobol gawang Senegal yang dijaga oleh Edouard Mendy.

Berada dalam posisi gawat, Senegal cepat untuk kembali unggul. Tembakan jarak dekat kapten sekaligus bek tengah utama Kalidou Koulibaly pada menit ke-70, membawa Senegal kembali memimpin 2-1. Ini adalah gol pertama Koulibaly untuk Senegal setelah menjalani 67 penampilan internasional.

Dengan kemenangan ini, Senegal lolos ke babak 16 besar dengan menjadi runner-up Grup A. Senegal mengumpulkan 6 poin hasil 2 menang dan 1 kalah. Senegal berada di bawah Belanda yang mengoleksi 7 poin.

Dengan kemenangan ini, Senegal menjadi negara pertama yang mengandaskan wakil Amerika Latin sejak 1990. Yakni ketika Kamerun memukul Kolombia pada Piala Dunia 1990.

Baca Juga : Ramaikan Piala Dunia 2022 Qatar, IOH Siapkan Paket Khusus Nonton Bola Persembahan IM3 dan Tri

Ini adalah kemenangan beruntun pertama Senagal di Piala Dunia. Dan untuk kali pertama sejak Piala Dunia 2002 atau 20 yang lalu, Senegal berhasil melaju ke babak 16 besar.

Catatan enam poin di Grup A tahun ini adalah koleksi terbaik Senegal di Piala Dunia. Melewati rekor sebelumnya yakni 5 poin pada Piala Dunia 2002, Korea Selatan-Jepang. (jpg)

Editor : Yosep/Adli-PKL