Atasi Macet Jalan Achmad Adnawijaya, Dinas PUPR Bangun U-Turn Baru 

Jalan Achmad Adnawijaya
U Turn di Jalan Achmad Adnawijaya yang sedang dikerjakan oleh Dinas PUPR Kota Bogor. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor membangun U-Turn baru di Jalan Achmad Adnawijaya, Kecamatan Bogor Utara.

Baca Juga : Bima Arya dan Yoshikuni Perluas Kerja Sama Hingga Mitigasi Bencana

Kepala Bidang Pemeliharaan Kebinamargaan Dinas PUPR Kota Bogor, Tri Eko Mardojo menjelaskan hal itu dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan yang kerap terjadi di ruas Jalan Achmad Adnawijaya tersebut.

“Ini hasil dari peninjauan Wali Kota Bogor serta kajian yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Daerah tersebut kerap macet karena ada bottle neck. Makanya dibuat u-turn baru,” tuturnya.

Terdapat dua titik u-turn yang akan dibangun oleh Dinas PUPR Kota Bogor di Jalan Achmad Adnawijaya. Letaknya terpisah lumayan jauh di sebelah utara dan selatan. “Sengaja dibuat agak jauh supaya tidak mengunci dan tidak membuat macet,” terangnya kepada Radar Bogor pada Rabu (30/11/2022).

Pembuatan u-turn baru juga dilakukan sebagai solusi ditutupnya atas u-turn yang berada di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sehingga masyarakat tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk putar arah.

Eko menjelaskan pembangunan u-turn sudah dimulai pihaknya sejak 2 pekan lalu atau pertengahan bulan November 2022. Progres pembangunan kini sudah mencapai 70 persen. Proyek tersebut ditargetkan rampung dalam 2 pekan ke depan.

“Sekarang lagi pasang batu dan pemadatan. Setelah pemadatan akan dilakukan overlay aspal. Paling cepat selesai sepekan ke depan, dan paling lambat dua pekan,” beber Eko.

Baca Juga : Bahas Hibah Tanah Situs Batutulis, Pemkot Gelar Rapat dengan Kemendikbud Ristek

Dirinya menjelaskan anggaran yang digelontorkan untuk membangun u-turn di Jalan Achmad Adnawijaya tersebut tidak lebih dari Rp200 juta. “Dari anggaran rutin, untuk tenaganya tenaga lapangan yang sering ditugaskan untuk memelihara saluran dan jalan,” jelasnya.

Eko berharap kedua u-turn itu dapat mengatasi masalah kemacetan yang acap melanda Jalan Achmad Adnawijaya serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang berwisata ke daerah tersebut. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya