Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal Bertambah Menjadi 327 Jiwa

Kondisi tampak atas salah satu pemukiman yang rusak parah usai diguncang gempa bumi Cianjur. (Radar Bogor/ Rivaldi)

CIANJUR-RADAR BOGOR, Korban meninggal bencana gemmpa bumi di Kabupaten Cianjur bertambah lagi. Kini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban sebanyak 327 jiwa.

Tim gabungan berhasil menemukan empat jenazah lagi di lokasi pencarian, Selasa (29/11).

Baca Juga: Dampak Gempa Cianjur, Okupansi Hotel di Puncak Turun 60 Persen

“Tim gabungan berhasil menemukan 4 jenazah sehingga korban hilang tersisa 5 orang. Namun, berdasarkan laporan yang kami terima, ada laporan korban hilang tambahan pada Selasa (29/11) pagi yang kami terima,” ungkap Komandan Kodim 0608 Kabupaten Cianjur, Letkol Arm Hariyanto, Selasa (29/11).

Laporan korban hilang itu berasal Desa Cijedil sebanyak 6 orang dan Desa Mangunkarta sebanyak 2 orang. Oleh karena itu, total korban hilang menjadi 13 jiwa.

Sementara itu, korban luka berat yang masih dirawat di RS wilayah Cianjur tersisa 68 orang. Sebanyak 40 pasien luka berat sudah pulang dan melakukan rawat jalan.

Tim gabungan juga tetap melakukan distribusi logistik ke desa yang sulit diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua. Adapun logistik yang diberikan air mineral, beras, mi instan, obat-obatan, selimut, perlengkapan ibadah, makanan dalam kemasan, terpal, paket sembako, dan matras.

Haryanto juga mengingatkan kepada masyarakat untuk kembali ke rumah masing-masing apabila rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur.

Baca Juga: Gempa Cianjur Melemah, BMKG Minta Masyarakat Kembali ke Rumah yang Tidak Rusak

“Kondisi kegempaan sudah mulai melemah. Masyarakat kami imbau untuk kembali ke rumah masing-masing yang tidak rusak,” ujar Haryanto.

Pemerintah Kabupaten Cianjur juga telah membentuk Satgas Penanganan Gempa Bumi Cianjur yang dipimpin oleh Bupati Cianjur. Satgas itu bisa akan melaksanakan tugas penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur. (*/mam)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya