Ponpes Darul Ulum Lido Pelajari Jurnalistik Langsung ke Media

Kunjungan dari Ponpes Darul Ulum Lido di Graha Pena, Selasa (29/11). (Radar Bogor/ Pipin Apriani)

BOGOR-RADAR BOGOR, Radar Bogor kembali mengadakan Open House berupa kunjungan pelajar ke Graha Pena, Selasa (29/11). Kali ini, giliran rombongan dari Pondok Pesantren Darul Ulum Lido.

Redaksi Radar Bogor kedatangan 25 santri dari Pondok Pesantren Darul Ulum Lido. Mereka didampingi tiga pembimbing mereka.

Baca Juga: Berkunjung ke Radar Bogor, SMK PUI Mendalami Literasi dan Jurnalistik

Para santri diberikan materi tentang jurnalistik hingga bagaimana proses pembuatan berita hingga tayang di koran maupun media online dan media sosial.

Redaktur Radar Bogor, Pipin Apriani, menjelaskan bahwa menjadi seorang jurnalis dibutuhkan kreativitas dan keberanian termasuk percaya diri.

“Kalau bertemu orang atau narasumber saja gugup, bagaimana bisa mendapatkan sebuah informasi atau berita dari orang tersebut, ” jelasnya.

Para santri yang sebagian besar kelas 4 dan 3 ini antusias bertanya saat narasumber menjelaskan tentang jurnalistik dan bagaimana berita itu bisa bernilai dan tertarik untuk dibaca.

Pembimbing para santri, Rudi Hartono mengatakan bahwa tujuan pertama mereka berkunjung adalah untuk silaturahmi.

“Tujuan lainnya tentu untuk belajar tentang jurnalistik, karena itu sesuai dengan aktivitas mereka yang berkecimpung di dunia jurnalistik,” ujar Rudi.

Baca Juga: SMAN 1 Dramaga Kunjungi Radar Bogor, Belajar Membentuk Narasi yang Keren

Karena itulah, katanya, pihaknya mengucapkan terima kasih karena sudah disambut dengan baik.

Selain pemberian materi jurnalistik, para santri juga diajak berkeliling oleh Manager Pemasaran Radar Bogor Ikhsan Halil untuk melihat ruang redaksi, ruang konten di Radar Bogor Creative Center hingga ruang online shop yang dimiliki Pojoksatu, Radar Bogor Group. (pia)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya