Pengungsi Cianjur Kembali ke Rumah, Cari Dokumen Penting

Pengungsi Cianjur
Pengungsi gempa Cianjur tengah mencari dokumen penting di bawah reruntuhan rumahnya. REKA/RADAR BOGOR

CIANJUR-RADAR BOGOR, Para pengungsi korban gempa di Cianjur mulai kembali ke rumah. Seperti yang tampak di Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang Selasa (29/11/2022).

Baca Juga : Heboh! Aksi ODGJ di Lokasi Longsor Cianjur, Teriak ‘Aku Calon Presiden’

Sejumlah warga pengungsi kembali menjajaki rumahnya, namun bukan untuk menempatinya akan tetapi mengais dokumen penting kependudukan dan surat-surat berharga.

Salah seorang warga RT 05 RW 05, Kusaeriyah (29) ditemani suaminya pergi dari tempat pengungsian di Kampung Cimuti, Kecamatan Sukaluyu untuk mengunjungi kembali rumahnya.

Keduamya berusaha menyingkirkan reruntuhan bangunan rumahnya. Mereka mencari Kartu Keluarga (KK) dan surat BPKB motor di bawah timbunan beton dan bambu.

“Sampai sekarang belum ketemu. Dicari untuk diamankan karena apa-apa butuh dokumen. Siapa tau nanti ada bantuan dan butuh dokumen. Jadi dicari,” ucapnya kepada Radar Bogor.

Selain itu Kusaeriyah juga berupaya mengambil barang-barang elektronik yang dirasanya masih memiliki nilai seperti kulkas dan mesin cuci. “Walaupun rusak coba diambil dulu aja, siapa tahu bisa terpakai,” ucapnya.

Kusaeriyah bercerita saat kejadian ia bersama sang anak terkurung reruntuhan bangunan selama 1,5 jam. Tubuhnya tak bisa bergerak karena tertimpa beton.

Baca Juga : 13 Bangunan di Puncak Melanggar GSS, Lima Dibongkar

“Sudah teriak-teriak tapi tidak ada yang menolong karena mungkin warga lain sibuk juga. Akhirnya bisa ditolong karena anak saya umur 3 tahun teriak minta tolong ke Ibu RT,” tuturnya.

Kejadian mengenaskan itu pun akhirnya membekas pada anaknya yang juga pengungsi dan meninggalkan trauma. Kusaeriyah menuturkan anaknya sering mengingau ketika tidur dan mengoceh soal ketakutannya dengan tragedi bencana tersebut. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya