Lubang Besar Menganga di Jalan Sholis, Ini Penyebabnya

Jalan ambles dengan lubang menganga di tengah Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) membuat kemacetan panjang, Selasa (29/11). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) mengalami ambles, Selasa (29/11). Kondisi berlubang besar di aspal itu mengambil separuh badan jalan di sekitar Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.

Baca Juga: Jalan Solis Amblas Lagi, Ada Lubang Besar di Tengah Jalan

Camat Tanah Sareal, Sahib Khan mengungkapkan, berdasarkan informasi yang didapat dari petugas jalan Binamarga Kementerian PUPR, jalan ambles ini terjadi akibat saluran air yang terkikis sehingga menyebabkan jalan berlubang.

“Informasinya amblasnya disebabkan karena saluran air. Karena dibawahnya (jalan) itu saluran air. Jadi karena sering terkikis akhirnya amblas,” kata Sahib Khan saat ditemui Radar Bogor di lokasi, Selasa (29/11).

Menurutnya, diameter lubang jalan berkisar satu meter. Kedalamannya hingga 2,5 meter.

Meski begitu, dinas teknis sudah menginformasikan ke pimpinan terkait dan pengerjaan perbaikan akan segera dilakukan.

“Saat ini mereka sudah mengupayakan membuat pelat besi, antisipasi jangan sampai amblesnya melebar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera dilakukan perbaikan,” tukasnya.

Kabid Pembangunan dan Kebinamargaan Dinas PUPR Kota Bogor, Dadan Hamdani memperkirakan jalan tersebut ambles karena adanya masalah pada bekas saluran yang ada di bawah jalan.

Baca Juga: Jalan Sholis Arah Cilebut Dibuka Seluruhnya Senin, Mobil Besar Boleh Lewat

“Kemungkinan bawahnya bekas saluran atau mungkin urugannya bermasalah,” terangnya.

Namun, kewenangan ruas jalan tersebut kembali ada pada pemerintah pusat. Pihak Dinas PUPR Kota Bogor hanya melakukan koordinasi.(*)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Radar Bogor (@radar_bogor)

Reporter: Dede Supriadi – Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya