LPPOM MUI Dorong Indonesia Menuju Ekosistem Perdagangan Halal

Pameran tahunan OIC Halal Expo.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto menekankan bahwa Indonesia mendukung penuh sustainable trade dalam memajukan industri halal. Ia juga mengajak negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk saling berkolaborasi memajukan industri halal.

“Indonesia sedang mengembangkan ekosistem menjadi Global Halal Hub,” ungkap Airlangga dalam pembukaan OIC Halal Expo, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Hadir di OIC Halal Expo Istanbul, LPPOM MUI Dorong Langkah Menuju Ekosistem Perdagangan Halal 

Kegiatan the 9th Halal Expo itu diselenggarakan secara simultan dengan the 8th World Halal Summit. Acara pembukaan dihadiri sekitar 3.000 tamu VIP di Istanbul Expo Center.

Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal mengungkapkan, driving force industri halal dunia adalah pertumbuhan demografi dan pendapatan per kapita di kalangan Muslim yang meningkat. Namun, situasi krisis energi dan krisis pangan yang terjadi saat ini telah mengganggu rantai pasok global, termasuk industri halal.

“Dalam situasi ini, Indonesia sebagai produsen bahan baku dapat menjadi penopang ekosistem perdagangan halal dunia yang berkelanjutan,” sambungnya

Area pameran juga diikuti perwakilan Indonesia. Paviliun Indonesia hadir melalui 38 peserta pameran yang tergabung dalam 12 stand besar dari Kementerian/Lembaga dan Dinas Perdagangan Provinsi/ daerah, yang memperkenalkan sejumlah produk industri halal asal Indonesia.

LPPOM MUI Operational Director, Sumunar Jati pun menilai keikutsertaan lembaganya sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di Indonesia itu cukup membanggakan.

“LPPOM MUI dengan bangga berpartispasi dalam OIC Halal Expo untuk memfasilitasi berbagai pelaku usaha khususnya negara-negara anggota OKI dalam sertifikasi halal,” tandasnya.

Untuk standar yang digunakan, LPPOM MUI menggunakan persyaratan sertifikasi halal HAS 23000 yang dikembangkan LPPOM MUI sejak 2012. Saat ini, HAS 23000 telah menjadi empat standar teratas yang digunakan oleh berbagai negara di seluruh dunia dalam proses sertifikasi halal.

Baca Juga: LPEI Berkomitmen Dorong Kinerja Ekspor Produk Halal

“Melalui HAS 23000, LPPOM MUI memberikan kontribusi dalam rangka mendukung berkembangnya perdagangan halal dunia yang berkelanjutan, dan LPPOM MUI siap melanjutkan kolaborasi dengan berbagai pihak di seluruh dunia,” lanjut Sumunar.

Pameran tahunan OIC Halal Expo diselenggarakan Islamic Centre for Development of Trade (ICDT) dan the Standards and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC). Pada penyelenggaraan tahun 2022 ini, pameran diikuti oleh sekitar 500 professional buyers dari 96 negara dunia terutama negara-negara Timur Tengah, Eropa Barat, Eropa Tengah dan Kawasan Balkan.(*/pia)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya