25 radar bogor

Lapas Kelas IIA Paledang Over Kapasitas, Rencana Relokasi Masih Dikaji

Kepala Lapas Kelas IIA Paledang
Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor Sopian

BOGOR-RADAR BOGOR, Lapas Kelas IIA Paledang Bogor masih over kapasitas. Saat ini, pihak lapas bersama Pemkot Bogor masih akan melakukan kajian terkait relokasi lapas yang rencanya bakal dibangun di Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Tak Lagi Dijatah, Napi Lapas Kelas II A Bogor Bisa Minum Langsung Air Keran

Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor, Sopian mengatakan, pihak Pemkot Bogor sempat menanyakan soal lahan yang disiapkan Pemkot Bogor untuk relokasi Lapas Bogor. Yakni di Kelurahan Pasir Jambu, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Namun, menurut Sopian, dalam membangun lapas tidak hanya sekadar membangun bangunan. Banyak fasilitas lain yang juga harus diperhatikan.

“Contoh misalkan jarak dekat antara lapas dan rumah sakit, lapas dekat dengan pengamanan terkait. Itu juga harus diperhatikan, bukan hanya sekadar mendirikan bangunannya,” kata Sopian, Selasa (29/11/2022).

Selain itu, ia mengatakan, yang menjadi pertanyaan selanjutnya ialah apakah lahan yang disediakan telah memenuhi standar. Saat ini, Lapas Kelas IIA Paledang Bogor memiliki kapasitas sekitar 300 orang. Sedangkan lapas telah diisi oleh 699 orang.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari Kalapas sebelumnya, Yohanes Waskito, lahan yang disediakan Pemkot Bogor telah diteliti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ternyata, diperkirakan lahan yang ada hanya memiliki kapasitas sekitar 500 orang.

“Itu pendapat dari pada kalapas yang lama, saya hanya mendengarkan. Tapi ini tentunya pengkajian-pengkajian ini kan tidak melibatkan hanya lapas sendiri tentunya dengan pihak yang lain. Dalam hal ini Badan Pertahanan juga harus juga terlibat, terus juga Bappenas,” ucapnya.

Termasuk, kata dia, penambahan Sumber Daya Manusia (SDM). Jika area lapas semakin luas, menurutnya SDM yang ada juga harus ditambah.

Sebelumnya, Pemkot Bogor dan Lapas Kelas IIA Paledang akan mengkaji ulang terkait hibah lahan di Kelurahan Pasir Jambu, Kecamatan Bogor Utara. Diketahui, rencananya lahan yang ada di lokasi tersebut akan dijadikan Lapas Kelas 2A.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, ada kemungkinan lahan yang ada tidak memadai karena ada kebutuhan yang lebih. Sehingga, hal itu akan dikomunikasikan dan dikaji ulang.

Baca Juga : Lapas Kelas II A Paledang Bogor Punya Pemimpin Baru, Ini Sosoknya

“Di Pasir Jambu berdasarkan koordinasi dengan Pak Kepala Lapas, kemungkinan juga tidak memadai. Karena ada kebutuhan dan kapasitas yang besar. Sekarang makanya kita akan mengkaji ulang kembali lahan di Pasir Jambu itu,” jelasnya.

Kendati demikian, Bima Arya menuturkan, Pemkot Bogor belum memiliki rencana dimana lokasi lain untuk pembangunan Lapas Kelas IIA Paledang. “Belum (ada lokasi yang memungkinkan). Kalau lokasi lain harus dicari kepastian lain seperti apa,” tutupnya. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep