25 radar bogor

Lanud ATS Sudah Salurkan Bantuan 21,7 Ton Jalur Udara

TNI AU Lanud Atang Sendjaja (ATS) menyalurkan bantuan logistik untuk korban gempa bumi Cianjur melalui udara.

KEMANG-RADAR BOGOR, Pasukan TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Atang Sendjaja (ATS) gencar menyalurkan bantuan logistik untuk korban gempa bumi Cianjur melalui udara. Total sebanyak 21.700 kilogram atau 21,7 ton yang telah didistribusikan.

Baca Juga: Terbangkan Helikopter, Lanud ATS Kirim Personel Bantu Gempa di Cianjur

Bantuan logistik tersebut didistribusikan melalui jalur udara menggunakan helikopter jenis Puma, Super Puma, AW 139, heli milik Basarnas yang berada di Lanud Atang Sendjaja.

Danwing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Kol Pnb Agni Prayogo mengatakan, pengiriman bantuan logistik menggunakan jalur udara ditujukan untuk wilayah yang sulit dicapai dengan kendaraan darat.

“Beberapa titik yang menjadi atensinya (jalur udara) di wilayah Cianjur yaitu Aquila, Ciputri, dan Bumi Asih,” ucapnya, Selasa (29/11).

Ia juga melakukan asesmen kepada warga yang mendirikan tenda darurat. Harapannya, bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran.

“Sejak hari kedua pasca gempa bumi yang terjadi, kita sudah menyalurkan bantuan logistik dengan total 21,7 ton yang juga disuplai menggunakan jalur udara,” jelasnya.

Ia juga mengatakan akan terus mencari titik-titik yang masih terisolir yang sulit dilewati jalur darat.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, Amaroosa Salurkan Bantuan Langsung

“Apabila jalur darat sudah dapat dilaksanakan dengan lancar tentunya kami juga akan mengurangi pengurangan menggunakan helikopter. Apabila ditemukan spot baru nanti akan mendeploy sasaran tersebut,” ungkapnya.

Bantuan logistik tersebut dihimpun dari beberapa instansi, kemudian organisasi hingga staf maupun alumni angkatan udara untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana alam. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto