Gempa Cianjur Melemah, BMKG Minta Masyarakat Kembali ke Rumah yang Tidak Rusak

Salah satu lokasi pengungsian korban gempa cianjur. BMKG minta warga kembali ke rumah mengingat gempa susulan di Cianjur melemah.
Salah satu lokasi pengungsian korban gempa cianjur. BMKG minta warga kembali ke rumah mengingat gempa susulan di Cianjur melemah. HENDI/RADAR BOGOR

CIANJUR-RADAR BOGOR, Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan BMKG selama 7 hari terakhir, menunjukkan bahwa aktivitas gempa bumi susulan di Cianjur magnitudonya secara fluktuatif semakin mengecil dan frekuensi kejadiannya semakin jarang.

Baca Juga : Heboh! Aksi ODGJ di Lokasi Longsor Cianjur, Teriak ‘Aku Calon Presiden’

Mempertimbangkan kondisi tersebut, BMKG meminta masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur.

“Bagi warga yang kembali ke rumah diimbau untuk menata perabotan rumahnya sedemikian rupa, agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang oleh benda apapun,” terang BMKG dalam keterangan tertulisnya melalui Biro Hukum dan Organisasi Bagian Hubungan Masyarakat.

Selain itu, warga juga dianjurkan untuk menjauhkan seluruh benda-benda berat yang berada di atas perabotan (lemari dll), atau benda-benda tergantung yang dapat berpotensi jatuh menimpa penghuninya jika terjadi guncangan.

Masyarakat juga diminta tetap tenang dengan terus memonitor perkembangan terkini informasi gempabumi dari aplikasi mobile phone info BMKG (di-install dari play store atau app store) atau menghubungi call center 196. (*/ysp)

Editor : Yosep

Berita Lainnya