25 radar bogor

Dendam Terbalaskan, Portugal Melaju ke 16 Besar

Portugal
Selebrasi pemain Portugal usai mencetak gol ke gawang Uruguay, pada laga kedua fase Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

QATAR-RADAR BOGORDendam Portugal atas Uruguay setelah dikalahkan pada Piala Dunia 2018 Rusia, terbayar tuntas di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga : Ghana Menangi Duel Panas, Pelatih Korsel Diganjar Kartu Merah

Ya, pada laga kedua fase Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB, Portugal menang 2-0 berkat gol yang diborong gelandang Manchester United, Bruno Fernandes.

Seperti diketahui, di Piala Dunia 2018 di Rusia, Portugal kalah 1-2 dari Uruguay dan tersingkir di babak 16 besar. Kala itu, Edinson Cavani menjadi pahlawan Uruguay berkat dua golnya. Kini, Cavani gagal mencetak gol. Portugal pun menuntaskan dendam empat tahun lalu.

Tak sekadar dendam terbayar, Selecao das Quinas – julukan Timnas Portugal, sekaligus memastikan melaju ke babak 16 besar atau fase knockout Piala Dunia 2022. Portugal mengumpulkan 6 poin hasil 2 kemenangan. Pada laga pertama, Portugal menang 3-2 atas Ghana.

Cristian Ronaldo cs tinggal membutuhkan hasil imbang pada laga terakhir melawan Korea Selatan untuk menjadi juara Grup H. Andai menjadi runner-up Grup H, Portugal bakal menghadapi Brasil yang besar kemungkinan menjadi juara Grup G. Untuk menghindari Brasil, Portugal mau tak mau menjadi juara Grup H.

Dalam pertandingan, Portugal cukup dominan pada babak pertama. Sejumlah serangan dibangun tim asuhan Fernando Santos tersebut. Namun, pertahanan La Celeste cukup tangguh sehingga Cristiano Ronaldo cs kerap gagal masuk ke kotak penalti Uruguay. Bahkan, Portugal tak memiliki peluang berbahaya hingga 30 menit babak pertama.

Sementara, Uruguay juga belum mampu memberikan ancaman berarti ke gawang Portugal. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Selecao das Quinas langsung mengambil inisiatif menyerang sejak peluit dibunyikan wasit. Upaya Portugal membuahkan hasil pada menit 54. Bruno Fernandes membawa Portugal unggul 1-0 usai membobol gawang Uruguay yang dijaga Sergio Rochet.

Semula gol tersebut diberikan atas nama Cristiano Ronaldo. Namun, FIFA kemudian mengubahnya dan memberikan kepada Bruno Fernades. Dalam tayangan ulang, bola ternyata tak mengenai kepala Ronaldo sehingga sentuhan akhir tetap dari Bruno Fernandes dan menjadi gol yang dihitung.

Gol bermula saat Raphael Guerreiro memberikan umpan kepada Bruno Fernandes. Kemudian, gelandang Manchester United itu melepaskan tendangan lambung ke kotak penalti Uruguay. Di sana ada Ronaldo yang melompat akan menyundul dan bola masuk ke gawang Uruguay. Ternyata, bola tak mengenai kepala Ronaldo dalam prosesnya.

Usai gol tersebut, Uruguay mengintensifkan serangan. Sejumlah peluang mereka dapat, namun masih bisa dimentahkan barisan pertahanan Portugal yang dikomandoi bek veteran Pepe.

Justru Selecao das Quinas yang mampu kembali membobol gawang Portugal lewat penalti Bruno Fernandes pada masa injury time. Penalti diberikan setelah bola menyentuh tangan bek Uruguay, Jose Gimenez. Awalnya, wasit Alireza Faghani dari Iran mengabaikan permintaan penalti Bruno Fernandes.

Baca Juga : Sikat Swiss, Brasil Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Namun, ada panggilan VAR dan wasit menuju pinggir lapangan untuk melihat tayangan ulang secara detail. Dan, memang terlihat bola menyentuk tangan Gimenez. Penalti diberikan untuk Portugal.

Bruno Fernandes yang menjadi algojo berhasil mengecoh kiper Sergio Rochet. Portugal unggul 2-0 dan bertahan hingga laga berakhir. Portugal melaju ke babak 16 besar. (jpg)

Editor : Yosep