7 Alasan Masuk Pramuka untuk Pelajar SMA, Apa Saja?

Pramuka
Ilustrasi anggota Pramuka

KEGIATAN ekstrakurikuler berguna untuk membantu siswa untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat yang dimiliki. Dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler, ekstrakurikuler Pramuka tetap menjadi yang terfavorit dan tidak pernah sepi peminat. Ada banyak alasan masuk Pramuka yang membuat ekskul ini selalu ramai.

Baca Juga : 98 Anggota Penggalang Pramuka Kota Bogor Ikuti Lomba LT III

Pramuka atau Praja Muda Karana menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang ditemukan sejak kamu duduk di bangku SD hingga SMP. Kegiatan pada ekstrakurikuler ini sangat seru dan pastinya sangat bermanfaat untuk kehidupan kamu. Inilah berbagai alasan masuk Pramuka untuk pelajar SMA:

1. Melatih untuk Memiliki Karakter Disiplin

Sebagai seorang siswa, kamu diharuskan untuk memiliki karakter disiplin. Karakter ini bisa ditumbuhkan dengan mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Alasannya karena kegiatan Pramuka dilaksanakan dengan jadwal dan tata tertib yang ketat. Dimana jadwal dan tata tertibnya harus dipatuhi oleh seluruh peserta hingga acaranya selesai.

Semua peserta harus disiplin saat datang untuk mengikuti upacara apel, mengumpulkan tugas, istirahat di waktu yang ditentukan hingga menggunakan atribut yang lengkap. Atribut-atribut yang wajib digunakan adalah kaos kaki hitam, sepatu hitam, dasi, topi, tongkat dan sebagainya.

2. Menanamkan Karakter Mandiri

Karakter mandiri bisa dilatih dengan beberapa cara, salah satunya melalui kegiatan Pramuka. Seperti yang diketahui seringkali kegiatan Pramuka dilaksanakan jauh dari rumah dan tidak melibatkan orangtua. Adapun kegiatan yang dimaksud seperti berkemah.

Ketika kamu ikut berkemah maka dituntut untuk tinggal bersama anggota Pramuka lainnya. Saat kegiatan berlangsung, kamu diharuskan untuk mengurus semua kebutuhan sendiri. Mulai dari memasak, mencuci alat makan dan baju, membersihkan tempat yang ditinggali dan sebagainya.

3. Meningkatkan Rasa Peduli

Selain berkemah, kegiatan Pramuka yang juga sering dilakukan adalah kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial tersebut seperti penggalangan bantuan. Kegiatan bakti sosial yang diadakan tersebut bertujuan untuk melatih anak meningkatkan rasa peduli dengan sesama yang sedang sakit atau kesusahan.

4. Belajar Bekerjasama

Jika aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, kamu akan sering bertemu dan bekerjasama dengan orang lain dengan karakter yang berbeda-beda. Sering bertemu dan bekerjasama dengan orang lain tentu sangat bermanfaat karena secara tidak langsung kamu sedang belajar menekan rasa egois, belajar memecahkan masalah bersama-sama dan belajar bersosialisasi untuk melakukan kegiatan bersama.

5. Melatih Semangat Gotong Royong

Alasan masuk Pramuka selanjutnya adalah melatih semangat gotong royong. Kegiatan-kegiatan adalah ekstrakurikuler Pramuka mengharuskan para anggotanya untuk bekerja sama dan saling gotong royong. Melalui berbagai kegiatan aktivitas yang diadakan membuat kamu dan anggota lainnya semakin kompak dan selalu semangat bergotong royong.

6. Berlatih Mencintai Alam

Banyak kegiatan Pramuka yang dilakukan di luar sekolah, bahkan sering diadakan di alam terbuka. Kegiatan-kegiatan yang diadakan di alam terbuka bukanlah tanpa alasan. Tujuannya yaitu agar kamu belajar atau berlatih untuk selalu mencinta alam. Saat kegiatan berlangsung, jangan mengotori alam dengan membuang sampah sembarangan.

7. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Kepemimpinan menjadi hal yang sangat ditekankan pada ekstrakurikuler ini. Dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, kamu akan dilatih untuk memiliki jiwa seorang pemimpin. Baik itu memimpin diri sendiri atau memimpin kelompok kecil dalam suatu tim.

Nah itulah 7 alasan masuk Pramuka untuk pelajar SMA. Penjelasan-penjelasan diatas diharapkan bisa meyakinkan kamu jika ekstrakurikuler Pramuka merupakan ekskul yang sangat bermanfaat dan patut untuk diikuti. Jika kamu ikut ekstrakurikuler ini, jangan lupa mengamalkan atau menjalankan Tri Satya.

SMA Dwiwarna (boarding school) merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. Sekolah ini tidak hanya menyediakan tenaga pendidik berkualitas dan fasilitas yang lengkap, tetapi juga membuka banyak kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki adalah Pramuka. (*/adv)

Editor : Yosep

Berita Lainnya