Pemkab Bogor Salurkan Langsung Bansos untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyerahkan bantuan sosial untuk pemrintah Kabupaten Cianjur agar pulih dari bencana.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meninjau sekaligus menyerahkan bantuan sosial (bansos) langsung kepada korban bencana alam di Kabupaten Cianjur, Senin (28/11). Itu sebagai wujud kepedulian dan bela sungkawa terhadap masyarakat terdampak bencana.

Bansos diterima langsung oleh Asisten Ekbang Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoib, di Pendopo Bupati Cianjur.

Baca Juga: Diciduk Polisi Karena Sabu-sabu, Ternyata Merangkap Maling Motor

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, pemberian bantuan itu dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Cianjur yang terdampak bancana alam gempa bumi.

Menurutnya, akses dari Kabupaten Bogor ke Kabupaten Cianjur ini juga cukup dekat dan lancar sehingga Pemkab Bogor bisa datang langsung ke lokasi bencana.

“Kami bantu kebutuhan yang sifatnya instan seperti selimut, tenda, terpal, kasur, sarung, dan lainnya. Ada bantuan dari 4 RSUD yang ada di Kabupaten Bogor, seperti infus, alat jahit, perban, obat-obatan, serta uang tunai dari sejumlah perusahaan salah satunya PT. Indocement juga Kadin. Alhamdulilah para pengusaha kami kompak apalagi berkaitan dengan kegiatan sosial kebencanaan,” tegas Iwan.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat maupun para pengusaha di Kabupaten Bogor untuk tidak berhenti menyalurkan bantuannya. Karena penanganan pasca bencana ini membutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan banyak pihak.

Salah satunya dengan membangun hunian tetap. Lantaran ada 57 ribu huntap yang harus disediakan bagi para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur tersebut.

“Kami imbau kepada masyarakat jangan hanya 1-2 bulan semangat memberikan bantuan, tapi terus lakukan. Mudah-mudahan bisa meringankan,” ajaknya.

Iwan menerangkan, penanganan pasca bencana ini butuh waktu lama, tidak hanya setahun. Bahkan bisa mencapai dua tahun dengan anggaran yang besar, seperti penanganan bencana alam di Kabupaten Bogor, 2020 silam.

“Pengalaman pembangunan rehabilitasi Huntap untuk 3.500 unit dengan anggaran APBD saja tidak cukup. Belum lagi jembatan dan jalan hingga ratusan miliar, maka kami libatkan anggaran BNPB, kementerian dan lainnnya karena penanganan pasca bencana ini tidak bisa dilakukan sendiri tetapi harus kolaborasi dan gotong royong dengan semua pihak,” imbuhnya.

Baca Juga: Pelebaran Jalan Otista Ramai Dikomplain Pengusaha, Sekda Bilang Begini

Asisten Ekbang Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Thoib berterima kasih atas kunjungan jajaran Pemkab Bogor itu di Kabupaten Cianjur.

“Tentunya bantuan ini insyaallah akan kami sampaikan kepada para korban melalui para camat. Bencana gempa bumi kali ini menghancurkan 16 kecamatan terdampak. Pengungsi ada sekira 70 ribu. Mudah-mudahan segala bantuan jadi catatan amal dari Allah Swt,” tukasnya. (*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya