25 radar bogor

Korban Gempa Cianjur yang Eksodus ke Bogor Alami Insomnia

Korban Gempa Cianjur
Korban Gempa Cianjur eksodus ke Cisarua, Kabupaten Bogor.

CISARUA-RADAR BOGOR, Ratusan korban gempa Cianjur eksodus ke Bogor. Mereka tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. Paling banyak di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Ratusan Korban Gempa Cianjur Eksodus ke Cisarua

Tidak sedikit, korban gempa Cianjur yang eksodus ke Bogor itu mengalami berbagai penyakit. Baik fisik maupun mental.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Mustakim memaparkan, korban gempa Cianjur yang eksodus ke Bogor ini mengalami trauma. Mereka masih sering cemas bahkan mengalami insomnia.

“Secara umum kondisi mereka baik, tapi banyak yang masih mengalami trauma, cemas dan sulit tidur,” katanya kepada Radar Bogor Senin (28/11/2022).

Sementara itu untuk bantuan bagi korban gempa Cianjur yang eksodus ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dan sekitarnya, sudah tersalurkan sejak pekan lalu. “Bantuan logistik juga vitamin sudah kita serahkan,” ujarnya.

Sedangkan untuk bantuan obat-obatan dan pengobatan para korban gempa Cianjur yang eksodus ke kawasan Puncak diberikan oleh Puskesmas setempat. “Jadi puskesmas yang mengkoordinir. Alhamdulilah semua sudah tertangani,” paparnya.

Seperti diketahui, Korban Gempa Cianjur eksodus ke Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor bertambah Senin (28/11/2022).

Kepala Desa Batulayang, Iwan Setiawan memaparkan ada tambahan lima warga Cianjur yang kini kembali datang ke Desa Batulayang, kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.

“Kemarin kan 31 warga korban gempa. Hari ini ada tambahan 5 warga lagi di desa Batulayang,” katanya kepada Radar Bogor Senin (28/11/2022).

Iwan mengaku saat ini para korban gempa yang eksodus ke desa Batulayang tersebar di sejumlah kampung. Mereka tinggal di rumah rumah warga. “Mereka tinggal di rumah rumah warga yang merupakan sanak saudaranya,” paparnya.

Baca Juga : Korban Gempa Cianjur Eksodus ke Cisarua Terus Bertambah

Lanjut Iwan, kebanyakan korban gempa Cianjur yang eksodus ke kawasan Puncak ini dari Kecamatan Cugenang. “Mereka dari Desa Sukamulya, Desa Sarampad, Desa Cibulakan Cugenang. Juga ada dari Rancagoong, Cilaku dan Rawacina Nagrak,” tuturnya.

Adapun total korban Cianjur yang eksodus ke kawasan Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor hingga pukul 11.00 WIB sebanyak 177 jiwa. (all)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep