Wisuda Khatmil Quran, Tilawati Center Jabar 1 Luluskan 515 Santri

Wisuda quran
Tilawati Center Jabar 1 menggelar wisuda khatmil Quran perdana di Gedung PPIB, Kecamatan Bogor Barat, Minggu (27/11). (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Tilawati Center Jabar 1 menggelar wisuda khatmil Quran perdana di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), Kecamatan Bogor Barat pada Minggu (27/11).

Direktur Tilawati Center Jabar 1, Syaikhuddin menuturkan sebanyak 515 santri diwisuda dalam kesempatan tersebut.

Baca Juga: Tabligh Akbar Maulid Nabi, Al Basyir Terus Cetak Santri Unggul

“Santri yang diwisuda terdiri dari 417 anak-anak dan 44 orang dewasa,” tuturnya.

Ratusan santri ini berhasil mengkhatamkan Alquran 30 juz dengan metode tilawati. Para santri yang diwisuda berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat di antaranya Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Cianjur, Sumedang, dan Bandung.

“Sebelum diwisuda mereka sudah melalui proses ujian munaqosyah. Ada 2 ujian yang dilakukan yakni membaca Alquran dan membaca ayat-ayat Gharib musykilat,” terangnya.

Ia berharap wisuda tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Alquran di lembaga-lembaga yang menerapkan metode tilawatu.

“Wisuda ini jadi tolak ukur keberhasilan sebuah lembaga dalam penyelenggaraan pendidikan Alquran di lembaganya masing-masing. Dan semoga para santri bisa menjadi anak yang soleh dan solehah,” tutupnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Bogor, Dede Supriatna mengucapkan selamat kepada para santri atas keberhasilannya mengkhatamkan Al Quran. Dede mengapresiasi para santri yang datang dari berbagai kalangan karena tetap semangat belajar dan membaca Al Quran.

Selain itu, Dede juga berterima kasih kepada para guru yang senantiasa membantu pemerintah Kota Bogor menjalankan program Bogor Mengaji sehingga masyarakat dapat belajar Al Quran dengan cepat, tepat, dan akurat.

Baca Juga: Harlah Rumah Santri ke-4, Satukan Ulama dan Komponen Dakwah di Bogor

“Mudah-mudahan ilmu metodologi pembelajaran Al Quran menjadi ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan serta menjadi jadi amal sholeh,” tuturnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya