25 radar bogor

Posko Unpak di Cianjur: Bantu Kebutuhan Sarana Air Bersih

Unpak
Universitas Pakuan (Unpak) Bogor mengirimkan relawan evakuasi ke lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, sejak Senin (21/11) lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Pakuan (Unpak) Bogor sudah mengirimkan relawan evakuasi ke lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Sebanyak delapan mahasiswa ikut membantu melalui Posko Unpak.

Baca Juga: Peduli Korban Gempa Cianjur, Karabha Digdaya Donasikan Bantuan Rp5 Juta

Mereka yang berasal dari Mahasiwa Pecinta Alam Universitas Pakuan (Wapalapa) bertindak sebagai Tim Advance dan Assesment.

“Tim itu membantu evakuasi mobil yang tertimbun longsor di kawasan Tapal Kuda Jalan Akses Nasional Cipanas-Cianjur yang dikoordinatori oleh Asep Saujana,” ujar Direktur Kemahasiswaan Unpak Bogor, Andi Chairunnas dalam keterangan diterima Radar Bogor, Minggu (27/11).

Rektor Universitas Pakuan Bogor, Didik Notosudjona mengatakan, Posko Unpak dan LLDIKTI 4 Jabar mendirikan Posko di Kampung Panumbangan RT04 RW01 Desa Cibulakan Kabupaten Cianjur. Peran mereka membuat kebutuhan mendesak darurat seperti sarana air bersih hingga dropping logistik untuk masyarakat sekitar yang terdampak langsung.

“Alhamdulilah bisa mendistribusikan Pipanisasi sepanjang 250 meter menjadi 2 bagian titik air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh 80 KK, 400 Jiwa, meliputi 350 orang dewasa, 38 anak, dan 12 balita,” terangnya.

Ia menegaskan, Posko Unpak dan LLDIkTI 4 Jabar akan terus memaksimalkan bantuan dan memperkuat tim lantaran gempa susulan masih terjadi. Pihaknya ingin membantu serta meringankan korban bencana alam gempa bumi Cianjur untuk bisa segera bangkit kembali.

Baca Juga: Dies Natalies ke-42 Unpak, Rektor Targetkan Go Internasional Hingga Sejahterakan Staf

“Sampai waktu yang akan kita tentukan berdasarkan report dan evaluasi tim relawan Posko Unpak yang ada di lokasi,” sambung Didik melalui keterangannya. (*)

Editor: Imam Rahmanto