Muncul Lagi Varian Baru Omicron BW.1, Mampu Lolos dari Vaksin

Ilustrasi varian baru Omicron BW.1
Ilustrasi varian baru Omicron BW.1

JAKARTA-RADAR BOGOR, Virus Covid-19 tak hentinya untuk terus bermutasi. Saat ini, muncul sub varian baru yakni Omicron BW.1 (BA.5.6.2.1).

Baca Juga : Waspada, Omicron Subvarian XBB Sudah Masuk Indonesia. Ini Gejalanya!

Dilansir dari news-medical.net, Sabtu (26/11/2022), sebuah studi baru yang diterbitkan di server pracetak Research Square melaporkan adanya mutasi yang mampu lolos dari kekebalan atau vaksin.

Omircron BW.1 mengandung mutasi yang mirip dengan varian BQ.1 dan mampu lolos dari kekebalan. BQ.1 adalah salah satu garis keturunan yang paling cepat menular dan mengandung beberapa mutasi, seperti S:K444T, S:L452R, S:N460K, dan S:F486V.

Dalam studi saat ini, penulis menduga bahwa Omicron BW.1 bisa saja muncul di Meksiko pada awal Juli. Pada Oktober, Omicron BW.1 adalah strain yang beredar secara dominan di Semenanjung Yucatan.

Meksiko adalah negara Amerika Latin yang telah mengurutkan genom SARS-CoV-2 secara ekstensif. Studi sebelumnya telah melaporkan bahwa Semenanjung Yucatan adalah salah satu rute masuk utama varian SARS-CoV-2 di Meksiko karena dinamis dengan kunjungan turis dan aktivitas komersial yang sangat besar.

Urutan genomik dan metadata terkait BQ.1, BA.5.6.2, dan BW.1 diperoleh dari GISAID. Penelitian dikumpulkan pada 7 November.

Para penulis studi saat ini menekankan pentingnya pengurutan genomik dan pelacakan mutasi yang dapat menjelaskan identifikasi strain SARS-CoV-2 yang berdampak pada populasi manusia global. Ada kemungkinan besar strain Omicron BW.1 dapat meningkatkan kasus Covid-19 di seluruh dunia. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya