XL Axiata Fokus Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan

Group Head People Services and Facility Management XL Axiata, Ryyld Ipbtas Yusri (dua kanan), menyerahkan bantuan kepada karyawan XL Axiata terdampak gempa di Kampung Tegalega, Desa Limbangansari, Cianjur, Rabu (23/11).

CIANJUR-RADAR BOGOR, Sejumlah gempa susulan menyebabkan gangguan jaringan dan layanan XL Axiata di beberapa titik. XL Axiata terus berupaya melakukan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan data di wilayah-wilayah yang terdampak.

Bersamaan dengan itu, penyaluran bantuan tanggap darurat ke sejumlah posko pengungsian di Cianjur telah dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: XL Axiata Percepat Pemulihan Jaringan dan Sediakan Akses Telepon Gratis

Pj Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan, sejumlah gempa susulan yang masih terjadi di Cianjur masih berdampak terhadap jaringan XL Axiata karena padamnya aliran listrik. Meski begitu, ia memastikan, upaya percepatan pemulihan jaringan dilakukan sesegera mungkin.

“Sehingga kelancaran komunikasi masyarakat dan petugas yang melakukan evakuasi dan bantuan dapat terlayani dengan baik,” tegasnya dal keteerangan resmi diterima Radar Bogor, Jumat (25/11).

Pihaknya juga berupaya memberikan dukungan dan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban di sejumlah lokasi, dengan berbagai bentuk misalnya layanan telepon umum gratis, bahan kebutuhan pokok, donasi, dan lainnya.

Pada hari keempat pascagempa Cianjur ini, XL Axiata telah menyalurkan sejumlah bantuan tanggap darurat, yang terdiri dari layanan telepon gratis korban gempa, penyaluran kebutuhan pokok, posko gratis telepon, dan donasi digital.

Bantuan yang disalurkan pun disesuaikan dengan kebutuhan darurat para korban seperti air mineral, makanan ringan cepat saji, selimut, hingga popok bayi. Penyaluran ini turut bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

XL Axiata, melalui program XL Axiata PEDULI juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di RSUD Sayang. Sementara posko lainnya dibuka secara mobile di beberapa posko pengungsian yang tersebar di Cianjur.

Dari sisi internal XL Axiata, manajemen pun secara sigap langsung turun ke lokasi bencana untuk meninjau dan memastikan kondisi karyawan terdampak di seluruh Cianjur. Sejumlah bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari dan santunan dana disalurkan langsung oleh Group Head People Services and Facility Management XL Axiata, Ryyld Ipbtas Yusri kepada karyawan dan keluarganya.

“Saat ini, perusahaan telah membuka saluran donasi, khusus bagi karyawan yang ingin berpartisipasi dalam meringankan beban para korban bencana. Hasil dari donasi karyawan ini nantinya akan dikumpulkan untuk didonasikan dalam bentuk kebutuhan pokok bagi warga terdampak,” paparnya.

Selain itu, ada juga donasi karyawan XL Axiata melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL). Penyaluran bantuan dilakukan di Kampung Tegallega Desa Limbangansari, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur.

Baca Juga: XL Axiata Business Solutions, Solusi 5G Smart Mining dan Solusi untuk UMKM

XL Axiata pun memastikan, pusat layanan pelanggan XL Center, telah dibuka kembali dan beroperasi seperti biasa sejak Rabu, (23/11). Seluruh petugas pelayanan telah siap untuk melayani kebutuhan penggantian kartu yang hilang atau rusak, pengisian pulsa, hingga pembayaran tagihan.

Hingga saat ini, seluruh tim XL Axiata terus bersiaga sepanjang masa tanggap darurat, hingga 20 Desember 2022 mendatang. Untuk mendukung dan melayani kelancaran komunikasi masyarakat, XL Axiata memiliki lebih dari 560 BTS yang tersebar di wilayah Cianjur.(*/mer)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya