Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal Bertambah jadi 310 Orang

Bangunan dan rumah warga di Kampung Haregem, Desa Nyalindung, Cugenang porak-poranda diguncang gempa bumi. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

CIANJUR-RADAR BOGOR, Korban dari bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur bertambah. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi sejumlah jenazah, Jumat (25/11).

Baca Juga: Muncul Retakan Pascagempa, Jalur Pendakian Gede Pangrango Ditutup Sementara

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyebutkan, berdasarkan data sementara yang dihimpun, terjadi penambahan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

“Jumlah korban meninggal 310 orang, yang masih belum ditemukan 24 orang,” tegasnya, melalui keterangan resmi diterima Radar Bogor, Jumat (25/11).

Menurutnya, data kerusakan infrastruktur tidak begitu banyak berubah. Namun, tercatat penambahan sarana yang rusak di 363 sekolah dan 144 tempat ibadah.

Korban yang berhasil ditemukan pada Jumat (25/11) berjumlah 17 orang. Sebagian korban dievakuasi dari longsoran besar di Jalan Cianjur – Bogor, yang hingga kini masih ditelusuri oleh tim gabungan.

Bersamaan dengan itu, tim DVI Polri, Basarnas dan Pusat Krisis Kemenkes berhasil mengidentifikasi 21 jenazah dari data puskes dan desa.

“Termasuk mendapatkan identitas dari korban jiwa yang sudah dikebumikan keluarga, sehingga total korban meninggal 310 jiwa,” tekannya lagi.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur: Satu Jenazah Ditemukan, Korban Meninggal 272 Orang

Terkait target pencarian korban hilang, Suharyanto menegaskan akan mencari sampai orang yang terdata hilang berhasil ditemukan.

“Sampai orang terakhir, tidak ada penurunan semangat, kekuatan, sarana prasarana, karena keselamatan rakyat untuk hukum tertinggi,” optimisnya. (*/mam)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya