25 radar bogor

Mubes Perdana Alumni MAN Kota Bogor, Peserta dari 50 Angkatan

Panitia IKA MAN 1 Bogor siap melaksanakan mubes perdananya. (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Ikatan Alumni MAN 1 alias IKAMANSA Kota Bogor akan menggelar secara perdana Musyawarah Besar (Mubes) pada Sabtu (25/11) besok.

Mubes akan diisi dengan agenda pemilihan ketua IKAMANSA, yang mengundang seluruh angkatan 1972-2022. Steering Committee (SC) Encep M Ali Alhamidi mengatakan, agenda Mubes untuk memilih ketua IKAMANSA periode 2022-2027.

Baca Juga: Jalur Puncak Padat, Didominasi Kendaraan Pengangkut Bantuan Korban Gempa

Rencananya akan ada 50 angkatan yang menghadiri kegiatan Mubes. Hanya saja, yang menjadi peserta pemilihan ketua adalah 30 angkatan.

“Seluruh angkatan hadir dari tahun 1972 sampai 2022. Jumlah peserta yang tercatat sebanyak 102 orang. Setelah 50 tahun, untuk pertama kalinya akan membentuk organisasi IKAMANSA,” ucap pria yang kerap disapa Encep.

Encep menjelaskan, sistem pemilihan bakal memberikan kesempatan setiap angkatan IKAMANSA untuk mengajukan perwakilannya. Tak hanya untuk calon Ketua IKAMANSA, peserta yang hadir juga nantinya diminta untuk mendaftarkan diri sebagai pengurus.

“IKAMANSA nantinya memiliki tiga organ dalam struktur organisasi. Pertama, Komite Musyawarah yang nanti terus menerus mengkaji penyempurnaan peraturan-peraturan dan sebagainya,” papar mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Bogor itu.

“Kedua, organ pengurus mulai dari ketua umum, ketua, wakil ketua 1, 2, dan seterusnya. Dan akan memiliki lima bidang,” sambungnya.

Ketiga, IKAMANSA akan memiliki organ dewan penasehat yang unsurnya terdiri dari profesor dan doktor. Tercatat saat ini sudah ada lima orang yang memiliki gelar doktor dan profesor lulusan MAN 1 Kota Bogor.

“Saat ini mereka ada yang sebagai rektor, pembantu rektor, banyak juga yang sebagai dosen di berbagai universitas,” paparnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendata seluruh alumni MAN 1 beserta profesinya. Tujuannya untuk merumuskan potensi yang bisa dilakukan ke depannya.

Menurutnya, tidak sedikit alumni MAN 2 yang memiliki yayasan, sekolah, dan lainnya. Hal itu bisa menjadi potensi ekonomi bagi yang bergerak di bidang usaha.

“Kan pastinya orang butuh seragam, orang butuh sepatu. Kemudian nanti disatukan seperti apa supaya bersinergi satu sama lain. Tentu untuk melakukan itu tanpa sebuah organisasi tidak mungkin bisa dilakukan,” terangnya.

Oleh karena itu, program pertama dari konsolidasi organisasi Alumni akan melakukan pendataan secara terus-menerus dan juga menyebarluaskan informasi agar mereka dapat melengkapi data.

“Jadi, kita memiliki database yang lengkap. Sebab dari data ini sebagai informasi dan bisa menyusun sebuah kebijakan,” tukasnya.

Baca Juga: Pajak Jabar III Salurkan Bantuan Ke Korban Gempa Cianjur

Sementara itu, Ketua Pelaksana Mubes IKAMANSA Ade Maskur Makmun berharap kegiatan Mubes dapat diikuti oleh seluruh alumni MAN 1 Kota Bogor. Sebab, masih banyak alumni yang hingga kini belum terdata.

“Mudah-mudahan dengan IKAMANSA, alumni mendayagunakan alumni dan siswa agar bisa lebih bermanfaat. Bisa saja kan menyiapkan pelatihan untuk masuk perguruan tinggi, menyalurkan eskulnya, termasuk beasiswa,” tukasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto