Jeddah Arab Saudi Diterjang Banjir Bandang, Dua Orang Dilaporkan Tewas

Jeddah Arab Saudi
Banjir bandang yang menerjang kawasan Jeddah Arab Saudi Kamis (24/11/2022).

ARAB SAUDI-RADAR BOGOR, Banjir bandang menerjang Kota Jeddah Arab Saudi pada Kamis (24/11/2022). Sedikitnya dua orang tewas dan sejumlah fasilitas terhenti akibat bencana tersebut.

Baca Juga : Ditemukan Dalam Mobil, Empat Jenazah Korban Longsor Cugenang Berhasil Dievakuasi

Menurut Badan Metereologi Arab Saudi, banjir bandang itu terjadi setelah Jeddah tidak berhenti diguyur hujan dari pukul 08.00 pagi sampai 2 siang.

Curah hujan yang menyebabkan bencana itu berada di angka 179 mm. Angka itu menjadi rekor baru dengan melampaui hujan yang menjadi penyebab terjadinya banjir pada November 2009 lalu.

Dampak dari banjir bandang Jeddah Arab Saudi beredar di sosial media. Seorang pengguna Twitter, @sebusher membagikan video yang menampilkan banyak mobil terseret oleh arus. Beberapa jalan terpaksa harus ditutup selama berjam-jam untuk menunggu air surut.

Pemerintah Arab Saudi mengambil langkah cepat dengan meminta sekolah dan kampus di Jeddah untuk tutup sebelum matahari terbenam karena hujan diperkirakan akan terus mengguyur kota tersebut.

Selain di wilayah Jeddah Arab Saudi, sekolah di kota-kota terdekat seperti Rabigh dan Khulais pun ditutup untuk menjaga keselamatan siswa. Sekolah di Arab Saudi tengah menyelenggarakan ujian dan terpaksa harus ditunda.

Penerbangan di King Abdulaziz International Airport pun terganggu akibat banjir bandang Jeddah. Jalur ke kota Mekah pun dikabarkan tertutup oleh air.

Saat ini pemerintah setempat sudah memberi peringatan pada penduduk untuk tetap tinggal di dalam rumah kecuali ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan.

Ada juga larangan untuk melintasi jalan-jalan tertentu ketika hujan deras melanda. Pengumuman itu sudah disebar lewat berbagai media, termasuk sosial media.

Baca Juga : Helikopter Kirim Bantuan, Dua Tenda Pengungsi di Cugenang Roboh 

Badan Metereologi Arab Saudi menyatakan bahwa hujan ringan akan terus mengguyur Jeddah hingga Jumat pagi.

Sebelumnya, badan pemerintahan itu mengeluarkan peringatan akan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang yang dapat mengganggu jangkauan penglihatan di wilayah Jeddah, Rabigh, Thuwal dan beberapa daerah lainnya. (net/dis)

Editor : Yosep

Berita Lainnya