Jalan Raya Cipanas Dibuka, Keluarga Korban Gempa Serbu Cianjur

Bopuncur
Jalur Bogor-Puncak-Cianjur yang sempat longsor karena bencana gempa sudah bisa dilalui kendaraan. Akan tetapi, padatnya kendaraan memaksa warga untuk berhati-hati. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

CIANJUR-RADAR BOGOR, Suasana malam Jalan Raya Cipanas, Kabupaten Cianjur masih mencekam, Kamis (24/11). Gelap gulita lantaran listrik masih padam.

Penerangan di jalur penghubung Cianjur-Bogor itu hanya mengandalkan sorot lampu kendaran. Satu lampu emergency besar juga disiagakan di titik lokasi longsor.

Baca Juga: Kabar Gembira, Jalur Puncak Arah Cianjur Sudah Bisa Dilalui

Beberaa alat berat masih berjejer. Sedikitnya, lima alat berat dengan ragam fungsi di sepanjang jalan nasional yang berada di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang itu.

Tepat di kiri alat berat itu, terlihat gundukan tanah merah sisa longsor. Tingginya sekira 7 meter. Tanah itu merupakan tebing longsor yang baru selesai dievakuasi saat gempa dahsyat mengguncang Cianjur.

Tidak hanya itu, batang pohon berukuran besar pun terlihat bercampur dengan gundukan tanah merah itu. Tidak jauh dari lokasi, terlihat pula tembok penahan tebing yang mulai terkelupas dan retak.

Namun, kondisi ini jauh lebih baik ketimbang dua hari sebelumnya. Sejak pagi, akses lalu lintas di jalan yang menghubungkan kawasan Puncak dan Cianjur itu sudah mulai dibuka untuk umum.

Antrean kendaraan padat dari kedua lajur. Kendaraan yang melintas didominasi pelat B. Kebanyakan mereka yang datang untuk melihat kondisi sanak saudara yang jadi korban gempa.

“Begitu tadi dapat informasi jalan sudah dibuka, saya langsung berangkat. Mau jemput anak saya yang lagi pesantren di Cianjur,” ujar Dimas, warga Bekasi saat ditemui Radar Bogor.

Pun, Ahmad Maulana. Ia langsung berangkat ke Cianjur begitu mendengar jalur Cugenang sudah bisa dilewati. Pria asal Cianjura yang merantau di Jakarta itu hendak menjemput adik dan ibunya yang saat ini berada di pengungsian.

“Jemput ibu sama adik. Mau dibawa ke Jakarta dulu,” tuturnya.

Baca Juga: Ketemu, Kendaraan Berpenumpang Guru TK yang Tersapu Longsor Cianjur

Sementara itu, Kabag Humas Polres Bogor, Iptu Desi Triana mengakui, untuk sementara Jalur Bogor – Puncak – Cianjur itu sudah bisa dilalui. Namun, pengendara diminta untuk berhati-hati. Karena kondisi jalan masih licin akibat sisa tanah longsor. “Iya sudah bisa dilintasi sementara ini,” tekannya.

Sementara itu, untuk rekayasa lalu lintas pada akhir pekan ini, Polres Bogor masih memberlakukan Ganjil Genap. Bagi wisatawan yang akan ke kawasan Puncak tetap harus memperhatikan pelat nomor kendaraanya. “Untuk Ganjil Genap akhir pekan ini masih diberlakukan,” tukasnya. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya