25 radar bogor

Berkunjung ke Radar Bogor, SMK PUI Mendalami Literasi dan Jurnalistik

Kunjungan dari SMA PUI Bogor ke kantor Radar Bogor di Graha Pena, Kamis (25/11) lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Belasan pelajar SMK PUI belajar jurnalistik sekaligus kemampuan literasi di redaksi Radar Bogor. Mereka mendapatkan kesempatan berkeliling gedung Graha Pena, Kamis (24/11).

Baca Juga: Pengawasan SMA dan SMK di Kabupaten Bogor Dinilai Lemah

Sebelum mengelilingi sejumlah ruangan, anak-anak yang mayoritas tergabung dalam ekstrakurikuler literasi itu mendengarkan penjelasan mengenai pers atau jurnalistik. Tak hanya merambah media cetak, para pelajar ini juga bisa lebih memahami transformasi Radar Bogor ke dunia digital.

Pembina Ekskul Literasi SMK PUI Bogor, Rizki Shintia menjelaskan, kunjungan kali ini mengajak anak didiknya menggali lebih dalam ilmu mengenai jurnalistik. Setidaknya, anak didik sekolahnya juga bisa menumbuhkan minat di dunia literasi.

“(Kunjungan ini juga) agar mereka melihat langsung dan bisa bertanya dengan orang yang berprofesi sama dengan apa yang mereka pelajari,” ungkapnya, di sela-sela berkeliling Graha Pena.

Rizki juga berharap, anak didiknya mulai kritis dalam mendapatkan informasi dari mana saja. Mereka juga bisa menyaring mana berita yang benar dan mana yang hanya berupa berita bohong atau hoaks.

Tentu saja, pean media seperti Radar Bogor yang memilah dan memverifikasi informasi semacam itu bisa menjadi contoh bagi mereka.

Baca Juga: Aviso SMAN 1 Ciomas Berkenalan Lebih Dekat dengan Profesi Jurnalis

Selama ini, kata dia, masih banyak pertanyaan yang sering mereka lontarkan tentang pemberitaan maupun tulisan.

“Dengan kunjungan ini, mereka bisa tahu jawaban dari apa yang mereka pelajari selama ini,” tandasnya. (*/ran)

Editor: Imam Rahmanto