25 radar bogor

Bantu Korban yang Terisolir, Bima Arya Salurkan Bantuan dari Udara

Bima Arya bantuan korban
Wali Kota Bima Arya saat menyalurkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang terisolir melalui udara.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur melalui udara pada Jumat (25/11/2022).

Baca Juga : I-SIM for Cities, Bima Arya Paparkan Keberhasilan Program Botak

Penyaluran bantuan tahap kedua ini dilakukan Pemkot Kota Bogor bersama dengan Skandron Udara 6 Lanud Atang Sanjaya (ATS). Bantuan yang diberikan pada kesempatan ini difokuskan pada kebutuhan bayi, ibu hamil, dan kain kafan.

Bima Arya menuturkan, logistik tersebut disalurkan pada dua titik bencana yakni di Posko Bencana Yonif 300 Raiders dan salah satu lokasi terisolir di Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang.

“Kami kirimkan selain bahan makanan, ada juga kain kafan, kebutuhan bayi dan nutrisi untuk ibu hamil. Jenis bantuan ini berdasarkan informasi dari relawan kami di lapangan, kebutuhan barang-barang itu masih sangat dibutuhkan,” ujar Bima Arya.

Bantuan tersebut kemudian dilemparkan dari udara melalui helikopter. Tampak sejumlah pengungsi menanti dan mengejar bantuan yang diberikan. Bima juga terlihat melambaikan tangan menyapa para korban dari helikopter.

Selain logistik, Pemkot Bogor juga turut mengirimkan personel gabungan yang telah lebih dulu hadir untuk membantu penanganan di Cianjur.

“Kami koordinasikan dan akan didistribusikan oleh relawan dari Kota Bogor. Ada Satpol PP, BPBD, Damkar dan tim Jabar Bergerak Kota Bogor sudah ada di sana,” katanya.

Distribusi di lapangan, lanjut Bima Arya, akan dibantu petugas-petugas dari Kota Bogor yang sudah berada di Cianjur.

“Kami koordinasikan dan akan didistribusikan oleh relawan dari Kota Bogor. Ada Satpol PP, BPBD, Damkar dan tim Jabar Bergerak Kota Bogor sudah ada di sana,” katanya.

Danlanud ATS Marsekal Petama TNI Suliono menjelaskan bantuan dibawa menggunakan Super Puma dengan teknis khusus. Hal itu dipilih sebab sulitnya menjangkau daerah terdampak.

Baca Juga : Bima Arya Siap Kirimkan Bantuan dari Bogor, Jangkau Cianjur Lewat Udara

“Teknis distribusinya menggunakan sistem heli box, diharapkan sampai langsung ke masyarakat terdampak. Sebagian kita turunkan di Posko,” terangnya.

Di samping itu Pemkot Bogor juga memberangkatkan tim RSUD Kota Bogor ke Cianjur lengkap dengan ambulance, dokter, perawat, oksigen, P3K, alat kejut dan obat-obatan. Selain itu Dinas Sosial Kota Bogor juga turut berpartisipasi dengan menerjunkan unit truk dapur umum yang membawa 400 kg beras. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep