Sempat Terhambat, Proyek Jalan Bomang Dilanjutkan Kembali

Pembangunan Jalan Bojonggede - Kemang (Bomang), Kabupaten Bogor, berlanjut kembali. (radar Bogor/ Jenal Abidin)

KEMANG-RADAR BOGOR, Proyek betonisasi Jalan Bojonggede – Kemang (Bomang) kembali berjalan normal. Sebelumnya, penutupan di Right of Way (ROW) Jalur Bomang itu sempat diklaim ahli waris.

Persoalan tersebut telah dimediasi oleh bagian perdata dan tata usaha negara Kejaksaan Negeri Cibinong. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Asmandilah mengatakan, pengerjaan yang berjalan normal itu tersisa menanti kunjungan dari Tim dari Kementrian Perhubungan (Dirjen KA).

Baca Juga: Jadi Biang Kemacetan, Simpang Bomang Bakal Dipasangi Traffic Light

“Sudah terpenuhi syarat yang diminta, karena ada jalur rel kereta api yang dilintasi proyek tersebut,” bebernya, Kamis (24/11).

Ia menjelaskan, setelah kunjungan tim, nantinya PPK harus mengajukan permohonan pengawasan ke Dalops Kereta Api (KAI) untuk pekerjaan konstruksi pada titik perlintasan kereta api. Tak terkecuali, sistem pengamanan pada saat berfungsi.

“Selain itu, untuk lahan yang diklaim oleh ahli waris sudah dilakukan mediasi oleh tim pendampingan kontrak dari Datun Kejaksaan Negeri Cibinong. Hasilnya, lahan yang berada pada ROW Jalur Bomang dapat dikerjakan oleh penyedia jasa sambil berproses pembayaran lahan,” ucapnya.

Pria yang menjabat sebagai Kepala UPT Pengairan wilayah Parung ini menambahkan, banyaknya pekerjaan tambahan memaksa mereka harus mengurangi ruang lingkup target panjang.

“Kemungkinan pada stasioning (STA) awal sampai STS 350 tidak dapat dilakukan, sehingga dengan pengurangan panjang, tetap dapat berfungsi dengan catatan semua perizinan dan proses pelaksanaan berjalan sesuai jadwal yang diajukan oleh PPK,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Minta Pusat Bangun Fly Over di Jalan Bomang, Dewan Minta Pemkab Lanjutkan Bertahap

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, progres pengerjaan sudah mencapai 90 persen sampai batas wilayah Bojonggede yang melintasi jalur rel kereta api.

“Panjang jalan sekira 3,5 kilometer dengan lebar pengerasan 6,5 meter dan saat ini terus dikejar agar selesai tepat waktu,” pungkasnya.(*)

Reporter: Jenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya