Puluhan Pengungsi Gempa Cianjur Tinggal di Kandang Domba

Warga di Kampung Warungbatu, Cianjur memilih kandang domba sebagai tempat mengungsi. (Radar Cianjur/ Bayu Nurmuslim)

CIANJUR-RADAR BOGOR, Puluhan pengungsi tinggal di kandang domba Kampung Warungbatu RT 01/RW10, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur. Mereka sengaja memilih lokasi itu yang tak jauh dari rumah masing-masing.

Baca Juga: BIN Berikan Trauma Healing untuk Anak Korban Gempa Cianjur

Kandang domba tersebut semula berisi 40 ekor domba dan kini penghuninya malah 55 warga. Tempat pengungsian berupa kandang itu terletak di ujung kampung.

Salah satu pengungsi Kaisa mengatakan, pengungsi tinggal di kandang domba karena dekat dengan rumah. Dengan begitu, mereka bisa membersihkan rumah lebih dekat.

Tempat itupun merupakan posko kedua di kampung tersebut. Ada pula posko utama yang didirikan di tengah perkampungan.

“Nyaman aja sih, sudah terbiasa. Ini sudah mau masuk hari ketiga tinggal di kandang domba,” ujarnya saat ditemui Radar Cianjur (Radar Bogor Group), Kamis (24/11).

Sementara itu, Ketua RT 01, Adi Permana mengaku sudah membujuk warga untuk menempati tempat lain yang aman dan berupa lahan terbuka. Namun, warga memilih kandang domba sebagai tempat pengungsian karena dinilai lebih dekat ke rumah mereka.

“Pemilik kandang mengizinkan saja asal warga betah. Sebelumnya saya sudah membujuk mereka agar tidak tinggal di kandang domba,” ujarnya.

Baca Juga: Perumda Tirta Pakuan Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Ditemui terpisah, Sekda Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah akan memerintahkan Camat Cianjur untuk menindaklanjuti perihal adanya kandang domba yang dijadikan posko pengungsi.

“Saya akan perintahkan camat perihal adanya pengungsi tinggal di kandang domba,” tandasnya. (radarcianjur)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya