Kongres, David Rizar Nugroho Terpilih Aklamasi Pimpin FORKAPI

Ketua FORKAPI David Rizal Nugroho terpilih kembali secara aklamasi dalam kongres nasional di Papyrus Hotel, Kamis (24/11). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, David Rizar Nugroho terpilih kembali secara aklamasi memimpin Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia (FORKAPI) periode 2022-2026. Keputusan itu usai hajatan Kongres Nasional FORKAPI di Hotel Papyrus, Sareal, Kota Bogor, Kamis (24/11).

Baca Juga: Ratusan SD di Kota Bogor Rusak, Baru 44 Sekolah yang Bakal Diperbaiki

Pemilihan itupun ditentukan usai pembentukan formatur. Ketua FORKAPI terpilih, David Rizar Nugroho mengatakan, Kongres Forkapi ke-4 memang telah menetapkan tim formatur yang terdiri beberapa unsur untuk menentukan siapa yang layak untuk menggantikan ketua yang lama.

“Kongres Forkapi ke-4 menerapkan sistem formatur, dengan komposisi dari pengurus lama, dari program komunikasi, dan tiga dari Korda (daerah). Kelima orang ini akan memilih ketua umum,” katanya saat ditemui di Hotel Papyrus, Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (24/11).

Pria yang kerap disapa David ini melanjutkan, formatur akan bekerja selama satu bulan ke depan untuk memilih siapa yang layak untuk menjadi ketua baru. Ketika sudah terpilih, secara otomatis akan membentuk kabinet kepengurusan yang baru.

Selain itu, ada empat kegiatan dalam hajatan Kongres Nasional Forkapi itu. Diantaranya Konferensi Nasional, Call For Papers, Kongres FORKAPI dan Temu Aluni Komunikasi Pembangunan (KMP).

Sejak didirikan pada tahun 2001 silam, FORKAPI terus mengalami perkembangan hingga akhirnya sudah ada empat kali pergantian ketua umum.

Baca Juga: 107 Pemuda Bakal Terima Beasiswa Pancakarsa Bogor

Call For Papers mempresentasikan hasil penelitian-penelitan terkait dengan komunikasi pembangunan dari anggota FORKAPI. Setidaknya, sudah ada 30 paper yang dipresentasikan.

Selain presentasi papers, kegiatan juga diisi dengan Konferensi Nasional Komunikasi Pembangunan. Diwarnai pula kegiatan temu kangen alumni dari berbagai daerah sebagai salah satu upaya untuk menjaga silaturahmi.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya